DIPLOMASI KEBUDAYAAN INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA INDONESIA PADA MASA PANDEMI

NABILA SHAFIA RAMADHANI (2023) DIPLOMASI KEBUDAYAAN INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA INDONESIA PADA MASA PANDEMI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)

Abstract

Pariwisata menjadi leading sectorpenyumbang devisa terbesar setelah industri sawit. Prospek pertumbuhan pariwisata Indonesia sangat didukung oleh keanekaragaman budaya dan kearifan lokal yang menjadi karakteristik bangsa. Adapun pencapaian pariwisata harus pupus akibat dampak pandemi Covid-19 yang membuat penurunan kunjungan wisatawan dalam periode Januari-Juni 2020 sebesar 59,86%. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi diplomasi budaya melalui nation branding wonderful Indonesia agar dapat memulihkan kembali pariwisata nasional di era new normal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang mana berfokus pada pencarian pengertian mendalam atau melalui prosedur analisis terhadap suatu gejala, fakta atau realita, dan masalah. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa upaya promosi budaya dan kearifan lokal bangsa sudah lama dicerminkan dalam brand logo �Wonderful Indonesia� yang kemudian ditetapkan sebagai master brandpariwisata secara resmi pada tahun 2016. �Wonderful Indonesia� mencerminkan komitmen bangsa terhadap kualitas destinasi wisata di Indonesia. Pendekatan diplomasi budaya dalam nation branding wonderful Indonesia kemudian diadaptasi dengan pola baru melalui digitalisasi pariwisata yang melibatkan diplomasi publik dan diplomasi digital. Transformasi brand logo juga berubah dengan slogan baru berupa �Thoughtful Indonesia� yang sejalan dengan seruan untuk menjalankan aktivitas dari rumah saja. Digitalisasi pariwisata mendorong adanya new normal tourismyang kemudian menciptakan transformasi kegiatan wisata baru berupa kegiatan solo travel, virtual reality tourism, danstaycation.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cultural Diplomacy, National Interest, Wonderful Indonesia, Thoughtful Indonesia, New Normal Tourism, Digitization of Tourism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:59
Last Modified: 26 Sep 2023 02:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39994

Actions (login required)

View Item
View Item