NABILA SHAFIA RAMADHANI (2023) DIPLOMASI KEBUDAYAAN INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA INDONESIA PADA MASA PANDEMI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (271kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Bab I.pdf
Download (140kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (136kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (346kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (54kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (540kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (719kB)
Abstract
Pariwisata menjadi leading sectorpenyumbang devisa terbesar setelah industri sawit. Prospek pertumbuhan pariwisata Indonesia sangat didukung oleh keanekaragaman budaya dan kearifan lokal yang menjadi karakteristik bangsa. Adapun pencapaian pariwisata harus pupus akibat dampak pandemi Covid-19 yang membuat penurunan kunjungan wisatawan dalam periode Januari-Juni 2020 sebesar 59,86%. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi diplomasi budaya melalui nation branding wonderful Indonesia agar dapat memulihkan kembali pariwisata nasional di era new normal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang mana berfokus pada pencarian pengertian mendalam atau melalui prosedur analisis terhadap suatu gejala, fakta atau realita, dan masalah. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa upaya promosi budaya dan kearifan lokal bangsa sudah lama dicerminkan dalam brand logo �Wonderful Indonesia� yang kemudian ditetapkan sebagai master brandpariwisata secara resmi pada tahun 2016. �Wonderful Indonesia� mencerminkan komitmen bangsa terhadap kualitas destinasi wisata di Indonesia. Pendekatan diplomasi budaya dalam nation branding wonderful Indonesia kemudian diadaptasi dengan pola baru melalui digitalisasi pariwisata yang melibatkan diplomasi publik dan diplomasi digital. Transformasi brand logo juga berubah dengan slogan baru berupa �Thoughtful Indonesia� yang sejalan dengan seruan untuk menjalankan aktivitas dari rumah saja. Digitalisasi pariwisata mendorong adanya new normal tourismyang kemudian menciptakan transformasi kegiatan wisata baru berupa kegiatan solo travel, virtual reality tourism, danstaycation.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cultural Diplomacy, National Interest, Wonderful Indonesia, Thoughtful Indonesia, New Normal Tourism, Digitization of Tourism |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 02:59 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 02:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39994 |