AMARTYA NADEA AURANISA (2023) THE OBSTACLES AND STRATEGIES FACED BY LECTURER IN ONLINE LEARNING AT HIGHER EDUCATION DURING PANDEMIC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (291kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (49kB)
Bab I.pdf
Download (82kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (56kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (687kB)
Abstract
Selama proses pembelajaran daring, baik mahasiswa maupun dosen memegang peranan penting. Selama proses pembelajaran daring, baik mahasiswa maupun dosen memegang peranan yang signifikan dan menghadapi beberapa permasalahan. Masalahnya banyak kendala yang dihadapi ketika belajar secara daring. Hambatan dalam pembelajaran daring disebabkan oleh berbagai masalah, seperti kurangnya perangkat teknologi, lokasi belajar yang jauh dengan jaringan yang buruk, dan kurangnya data internet. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan Kendala dan Strategi yang dihadapi dosen dalam Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi di Masa Pandemi. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dan dilakukan di salah satu Universitas Swasta di Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini melibatkan enam orang dosen sebagai partisipan, dengan metode pengumpulan data wawancara. Beberapa temuan terkait kendala dan strategi perkuliahan pembelajaran daring. Temuan pertama adalah dosen menghadapi kendala krusial yaitu fasilitas jaringan yang terbatas, pembelajaran daring yang kurang menarik, dan mahasiswa harus menyalakan kamera selama pembelajaran daring. Oleh karena itu, dosen menerapkan empat strategi dalam pembelajaran daring: menetapkan tujuan pembelajaran daring dengan jelas dan menunjukkan kebutuhan akan pelajaran; membangkitkan dan mempertahankan minat siswa dalam pembelajaran daring; menyediakan materi yang kreatif dan menyenangkan dalam pembelajaran daring; dan menguasai teknologi pembelajaran online. Selain itu, penelitian ini menyiratkan bahwa kendala dan strategi berdampak pada minat siswa selama proses pembelajaran online.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Obstacles, Strategies, Online Learning, COVID-19 |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 09:37 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 09:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40017 |