SARAH AZIZAH MAGHFUROH MOKHTAR (2023) WEBTOON AS A LEARNING MEDIUM FOR IMPROVING STUDENTS' VOCABULARY SIZE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (286kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (398kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Bab I.pdf
Download (90kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (246kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kosakata adalah aspek fundamental yang penting dalam belajar bahasa Inggris. Pencapaian ukuran kosakata penting dalam membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris mereka. Selain itu, ada banyak aplikasi modern yang dapat digunakan untuk menambah kosakata, salah satunya yaitu aplikasi Line Webtoon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test kelompok eksperimen terhadap ukuran kosakata siswa setelah diajar menggunakan aplikasi Webtoon. Metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimen digunakan untuk menganalisis penelitian ini. Instrumen penelitian ini menggunakan tes ukuran kosakata dan RPP. Tes diberikan dalam pre-test dan post-test untuk kelompok eksperimen. Data dikumpulkan dari 36 siswa kelas XI SMA Swasta di Cilacap sebagai kelompok eksperimen penelitian ini. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa siswa memiliki tingkat penguasaan kosakata sedang pada pre-test dengan skor rata-rata 50,83 dan siswa juga memiliki penguasaan kosakata tingkat sedang pada post-test dengan skor rata-rata 71,17. Penelitian ini menggunakan uji-t berpasangan untuk mengidentifikasi perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test. Hasilnya, analisis uji-t sampel berpasangan menunjukkan bahwa nilai Sig. (2 ekor) adalah 0,01
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Webtoon application, media, vocabulary size |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 09:20 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 09:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40057 |