Ilma Nafi'ah (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KOMUNIKATIF DAN RASA INGIN TAHU DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (362kB)
Bab I.pdf
Download (418kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (523kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (394kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (299kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (309kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (934kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (568kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis bagaimana proses penerapan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan metode snowball throwing pada kelas eksperimen (2) mengetahui seberapa besar tingkat perbedaan perkembangan karakter komunikatif dan rasa ingin tahu antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan mengukur pada dua aspek yaitu pada aspek hasil belajar kognitif dan aspek hasil perkembangan karakter komunikatif dan rasa ingin tahu pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalen control group design. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu statistik non parametrik dengan menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji wilcoxon dan uji mann whitney.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) terdapat perbedaan suasana proses belajar mengajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen yang diberi perlakuan terasa lebih hidup dibandingkan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan, hal ini dikarenakan model pembelajaran ini memadukan antara kegiatan belajar dengan bermain, (2) terdapat perbedaan perkembangan karakter komunikatif dan rasa ingin tahun antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada perkembangan karakter komunikatif kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 24.60 lebih rendah dari kelas eksperimen yang memiliki rata-rata sebesar 35.59, sedangkan pada perkembangan karakter rasa ingin tahu kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 24.03 lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen yaitu memiliki nilai rata-rata sebesar 36.17.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Metode Snawball Throwing, Komunikatif, dan Rasa Ingin Tahu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 04:10 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/401 |