STRATEGI KAMPANYE (SOSIALIASASI) KOMISI PEMILIHAN UMUM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PENYELENGARAAN PILKADA 2020

FAISHAL BIMO WICAKSONO (2023) STRATEGI KAMPANYE (SOSIALIASASI) KOMISI PEMILIHAN UMUM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PENYELENGARAAN PILKADA 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi kampanye Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada tahun 2020. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah guna mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana strategi kampanye yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada 2020. Jenis penelitian yang digunakan merupakan teknik deskriptif dengan melalui wawancara sebagai teknik pengumpulan data primer dan data sekunder dari buku, internet, foto, maupun dokumen kegiatan. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kampanye Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta pada pilkada 2020 dilakukan melalui kampanye secara menyeluruh dengan daya tarik budaya yang diolah kemudian dilakukan berdasarkan hasil pemetaan yang sudah dilakukan sebelumnya tahapan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai wujud realisasi kampanye disalurkan melalui beragam media termasuk sosial media seperti Instagram, Youtube, Twitter dengan tujuan menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan tingkatan usia agar pesan yang disampaikan dapat sesuai dengan target sasaran kampanye. Sehingga tujuan dari dilakukannya sebuah kampanye dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih dapat tercapai dengan sempurna sesuai tujuan utama mensukseskan jalannya pesta demokrasi sesuai dengan visi dan misi Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Campaign Strategy, Increasing participation, Education, Elections, Behavior Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 23 Sep 2023 08:04
Last Modified: 23 Sep 2023 08:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40105

Actions (login required)

View Item
View Item