HANAN WIDIASMARA (2023) POLITICAL MARKETING STRATEGIES IN THE 2020 LOCAL ELECTIONS (A CASE STUDY OF THE SINGLE CANDIDACY OF ARIF SUGIYANTO - RISTAWATI PURWANINGSIH ON ELECTION 2020 KEBUMEN DISTRICT). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (304kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (981kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Reformasi membuat proses politik menjadi sangat dinamis, di era demokrasi politik proses dalam hal pemilihan umum biasanya akan diikuti dengan persaingan partai politik di dalamnya. Namun, proses politik yang terjadi di Kabupaten Kebumen adalah semua partai politik mendukung satu calon dan dinyatakan sebagai calon tunggal melawan kotak kosong. Fenomena politik ini sangat unik dalam demokrasi untuk dikaji secara mendalam, terutama dari sisi kajian marketing politik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Strategi Marketing Politik dalam pencalonan tunggal pasangan Arif Sugiyanto Ristawati Purwaningsih pada Pilkada Kabupaten Kebumen tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada ketiga narasumber dan melalui dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa strategi marketing politik yang dilakukan oleh pasangan Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih seperti pendekatan kultural berbasis budaya kearifan lokal yang dalam hal ini dilakukan dengan menjadikan pasangan Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih sebagai perpaduan antara sisi kultural yang tergambar dalam politik nasionalis dan politik religiusitas, Push Political Marketing dengan memanfaatkan baliho dan membuat slogan-slogan kampanye sebagai penguat identitas, Pull Political Marketing yang dilakukan dengan melakukan kampanye berbasis informasi dan iklan di media massa, dan yang terakhir adalah pada Pass Political Marketing dimana pasangan Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih menggaet tokoh-tokoh masyarakat dan partai-partai sebagai pendukung.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Political Marketing, 2020 Local Elections, Push Political Marketing, Pull Political Marketing, Pass Political Marketing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 23 Sep 2023 06:46 |
Last Modified: | 23 Sep 2023 06:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40108 |