MUHAMMAD AZHAR MUTTAQIN (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (242kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (82kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Bab I.pdf
Download (48kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (280kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (101kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (284kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (937kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gamping, sample dalam penelitian ini berjumlah 160 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Teknik pengambilan sampel pada penelitian yaitu proporsional random sampling. Tekik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu korelasi product moment menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan emosi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gamping termasuk dalam kategori baik 2) Prestasi belajar siswa yang diukur dari nilai UTS PAI siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gamping termasuk dalam kategori baik. 3) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Gamping, hal ini dikarenakan adanya siswa dengan tingkat kecerdasan emosi yang tinggi namun prestasi belajarnya kurang baik, begitu pula sebaliknya terdapat siswa dengan tingkat kecerdasan emosi rendah namun prestasi belajarnya sangat baik. Dari penelitian ini dapat diketahui prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Relationship, Emotional Intelligence, Learning Achievement |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 03:47 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 03:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40239 |