CICIH WAHYU ADININGSIH (2023) STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN PATIENT SAFETY DI MASA PANDEMI COVID-19 : STUDI KASUS DI RSKIA PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (822kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Bab I.pdf
Download (139kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (319kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (814kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (706kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang: WHO menyatakan wabah COVID-19 sebagai pandemi global yang berdampak pada sistem perawatan kesehatan. Data di Indonesia 31 Maret 2020 menunjukkan 1528 kasus terkonfirmasi dan 136 kematian. Angka kematian COVID-19 di Indonesia adalah 8,9% yang merupakan tertinggi di Asia Tenggara. Rumah sakit dituntut untuk merubah desain pelayanan secara cepat untuk mengurangi resiko penularan penyakit dan menjaga keselamatan pasien. COVID-19 membutuhkan kesigapan dalam membuat rencana strategis untuk menghadapi tantangan yang sulit diprediksi. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi strategi yang dilakukan RSKIA PKU Kotagede untuk meningkatkan patient safety di rumah sakit di masa pandemi COVID-19.Metode: Desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengekplorasi strategi meningkatkan patient safety di masa pandemi COVID-19 di RSKIA PKU Kotagede dan menggali persepsi pasien tentang patient safety melalui wawancara mendalam dan observasi dengan partisipan manajemen rumah sakit 7 orang, tenaga kesehatan 19 orang dan pasien 9 orang melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis melalui pendekatan kualitatif menggunakan teknik thematic content analysis.Hasil: Penelitian menghasilkan enam tema. Tema yang terdeskripsikan yaitu: implementasi sasaran patient safety, daya dukung manajemen dalam patient safety, kesadaran petugas dalam perubahan budaya keselamatan pasien, komitmen pelaporan insiden, pengoptimalan rencana strategis, persepsi pasien tentang patient safety.Kesimpulan: Pengoptimalan rencana strategi dilakukan dengan mengefektifkan sumber daya manusia, menambah suplai persediaan bahan habis pakai, memperketat regulasi kebijakan terkait dengan perubahan layanan, supervisi manajeman dan kebijakan keuangan, pemanfaatan tata ruangan, pengaturan jalur akses dan optimalisasi ruangan yang ada serta menambahkan system terkait sisrute dan telekonsultasi dokter dalam pelayanan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategy, patient safety, pandemic, COVID-19 |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 02:10 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 02:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40288 |