MUHAMMAD FATHIR SULTHONI (2023) STRATEGI PEMASARAN POLITIK HJ. RANY WIDAYATI PADA PEMILU DPRD DIY 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (469kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (262kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (248kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (755kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (243kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (425kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan komunikasi politik khususnya dalam pemasaran politik. Pemasaran politik merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pemilihan para caleg, penggunaan ilmu marketing dalam politik telah banyak digunakan partai politik dan calon kandidat dalam pemilihan umum pada proses kampanye sebagai kunci sukses dalam pemenangannya. Para calon kandidat dalam pemilu juga diharuskan dapat memelihara hubungan dua arah yang baik dengan publik sehingga pemilih dapat membentuk suatu rangkaian makna politik secara otomatis dalam menjatuhkan pilihannya. Pemasaran politik yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu pemasaran politik yang dilakukan oleh Hj. Rany Widayati dalam Pemilu DPRD DIY tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran politik Hj. Rany Widayati dalam pemilu legislatif DPRD DIY periode 2019-2024. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Selanjutnya, teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dengan DPRD DIY Hj. Rany Widayati, Ery Agustin DPRD Gunungkidul, Hery Nugroho Ketua DPD Golkar Gunungkidul, dan masyarakat Gunungkidul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hj. Rany Widayati telah menerapkan prinsip-prinsip strategi pemasaran politik dengan baik terhadap masyarakat. Strategi yang digunakan juga telah sesuai dengan konsep 4P yaitu product (produk), promotion (promosi), price (harga), dan place (penempatan) dan konsep 3P Push marketing, Pullmarketing, Pass marketing. Sebagaimana Hj. Rany Widayati lebih menenkankan pendekatan dengan cara menemui langsung masyarakat dan pendekatan dengan bekerjasama dengan tokoh-tokoh masyarakat. Hj. Rany Widayati melakukan pemasaran produk politiknya dengan cara menyampaikan secara langsung kepada masyarakat, lalu dengan perhitungan biaya dan image kandidat, serta strategi penyebaran informasi melalui tokoh-tokoh masyarakat yang tersebar disetiap daerah Gunungkidul.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Political Marketing, Legislative Elections, DPRD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 01:39 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 01:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40323 |