FARHAN ALI (2023) DESAIN BUKU SAKU (ARAB-INDONESIA) BERDASARKAN KEBUTUHAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA KANDIS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (54kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (417kB)
Bab I.pdf
Download (341kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (403kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (309kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (20MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (499kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (28MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku saku Bahasa Arab-Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D) yang dilaksanakan pada kelas 12 di sma swasta lkmd kandis, yang mana metode penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan rancangan produk baru, menguji keefektifan produk yang telah ada sebelumnya, serta mengembangkan dan menciptakan produk baru. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4D yaitu define, design, development, dan disseminate yang telah dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development. Buku saku ini divalidasi oleh ahli bahasa dan ahli pendidikan, serta guru bahasa arab, dan dilakukan juga pengambilan uji responsi pada siswa kelas 12 menggunakan angket responsi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Sekolah menengah atas Swasta LKMD Kandis dan Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 26 orang.Hasil penelitian: proses pembelajaran bahasa arab di sma swasta lkmd masih klasik, yang mana pembelajaran dikelas hanya menggunakan buku teks saja tanpa menggunakan buku pendamping, dan metode yang digunakan didalam kelas juga menggunakan metode ceramah, 1) penelitian telah menghasilkan buku saku Bahasa Arab-Indonesia; 2) validasi dari ahli bahasa pada media buku saku Arab-Indonesia ini memperoleh rata-rata 88,404 persen dan termasuk dalam kategori layak dan direvisi seperlunya. Validasi dari ahli pendidikan pada media buku saku Arab-Indonesia ini memperoleh rata-rata 91% termasuk dalam kategori sangat baik dan tidak perlu revisi. Dari hasil uji responsi siswa menunjukkan hasil jumlah rata-rata keseluruhan adalah 85,5%, dan dapat disimpulkan bahwa buku saku tersebut termasuk dalam kategori layak dan direvisi seperlunya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Arabic-Indonesian pocket book, Student needs |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 07:11 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 07:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40429 |