DESAIN BUKU SAKU (ARAB-INDONESIA) BERDASARKAN KEBUTUHAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA KANDIS

FARHAN ALI (2023) DESAIN BUKU SAKU (ARAB-INDONESIA) BERDASARKAN KEBUTUHAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA KANDIS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku saku Bahasa Arab-Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D) yang dilaksanakan pada kelas 12 di sma swasta lkmd kandis, yang mana metode penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan rancangan produk baru, menguji keefektifan produk yang telah ada sebelumnya, serta mengembangkan dan menciptakan produk baru. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4D yaitu define, design, development, dan disseminate yang telah dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development. Buku saku ini divalidasi oleh ahli bahasa dan ahli pendidikan, serta guru bahasa arab, dan dilakukan juga pengambilan uji responsi pada siswa kelas 12 menggunakan angket responsi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Sekolah menengah atas Swasta LKMD Kandis dan Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 26 orang.Hasil penelitian: proses pembelajaran bahasa arab di sma swasta lkmd masih klasik, yang mana pembelajaran dikelas hanya menggunakan buku teks saja tanpa menggunakan buku pendamping, dan metode yang digunakan didalam kelas juga menggunakan metode ceramah, 1) penelitian telah menghasilkan buku saku Bahasa Arab-Indonesia; 2) validasi dari ahli bahasa pada media buku saku Arab-Indonesia ini memperoleh rata-rata 88,404 persen dan termasuk dalam kategori layak dan direvisi seperlunya. Validasi dari ahli pendidikan pada media buku saku Arab-Indonesia ini memperoleh rata-rata 91% termasuk dalam kategori sangat baik dan tidak perlu revisi. Dari hasil uji responsi siswa menunjukkan hasil jumlah rata-rata keseluruhan adalah 85,5%, dan dapat disimpulkan bahwa buku saku tersebut termasuk dalam kategori layak dan direvisi seperlunya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Arabic-Indonesian pocket book, Student needs
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:11
Last Modified: 07 Nov 2023 07:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40429

Actions (login required)

View Item
View Item