THE ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS' PERCEPTION ON USING ENGLISH SONGS TO LEARN SPEAKING SKILLS

ARIFATUL AMALINDA NUR SOLIKHAH (2023) THE ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS' PERCEPTION ON USING ENGLISH SONGS TO LEARN SPEAKING SKILLS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa, siswa di Indonesia diajarkan empat keterampilan dan salah satunya adalah keterampilan berbicara. Sayangnya, banyak siswa yang masih kesulitan dengan keterampilan berbicara karena kurang percaya diri, takut dihakimi oleh teman, kurangnya kosa kata, tidak mengetahui pelafalan bahasa Inggris, dan lainnya. Hal baiknya adalah banyak siswa yang tertarik untuk menggunakan lagu dalam pembelajaran berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini mengkaji persepsi siswa tentang manfaat, hambatan, dan kegiatan penggunaan lagu untuk pembelajaran keterampilan berbicara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertempat di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Swasta di Yogyakarta. Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan wawancara yang melibatkan enam partisipan. Studi ini menemukan bahwa keuntungan menggunakan lagu bahasa Inggris untuk belajar keterampilan berbicara adalah siswa dapat mempelajari pengucapan kata-kata bahasa Inggris yang benar, mendapatkan banyak kosa kata baru, belajar tata bahasa dari lirik lagu, dan mempelajari kata-kata slang dan idiom dalam bahasa Inggris. Kemudian, ketika menggunakan lagu berbahasa Inggris untuk belajar keterampilan berbicara, siswa mengalami kesulitan dalam hal pemilihan lagu, pengucapan dan kosa kata yang tidak familiar dalam lagu, dan tempo lagu yang cepat. Terakhir, kegiatan menggunakan lagu untuk belajar berbicara meliputi memilih lagu yang sesuai, mendengarkan lagu yang sama berulang kali, bernyanyi bersama, dan membaca lirik sambil bernyanyi dan mendengarkan lagu tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: activities in using songs, advantages of using songs, EFL, learning speaking skills, obstacles in using songs
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:07
Last Modified: 07 Nov 2023 07:07
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40431

Actions (login required)

View Item
View Item