LATIFAH MUTIARA HARYANTO (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI KLINIK PRATAMA 24 JAM FIRDAUS. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (595kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang : Saat ini era revolusi industri 4.0 telah mengalami pengembangan teknologi yang pesat. Teknologi informasi juga berkembang pesat khususnya di aspek kesehatan sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang ada. Pelayanan kesehatan yang memiliki kompleksitas yang tinggi dalam pelaksanaannya dapat dimudahkan dengan penggunaan sistem informasi manajemen. Sistem informasi manajemen yang diterapkan dapat membantu fasilitas kesehatan dalam mengambil keputusan yang cepat, efisien, efektif, dan tepat.Subjek dan Metode : Jenis penelitian yang dipilih yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui latar belakan, tantangan, dan hambatan dalam implementasi sistem informasi manajemen klinik di klinik pratama 24 jam firdaus. Metode pengumpulan data adalah melakukan observasi dan wawancara kepada beberapa subjek. Subjek pada penelitian ini meliputi pimpinan klinik, programer, admin pendaftaran, dokter pemberi layanan, apoteker, dan kasir.Hasil : Visi dan misi yang telah ditetapkan klinik akan menjadi point yang harus diperhatikan oleh klinik dan staf IT pengembang dari SIM Klinik. Hal ini akan memudahkan untuk kedua belah pihak dalam mengembangkan dan menerapkan SIM Klinik. Berdasarkan Komponen implementasi SIM Klinik didapatkan sumber daya manusia yang berperan sebagai staf IT yang masih sangat minim untuk mengelola dan mengembangkan SIM Klinik. Belum adanya pelatihan atau sosialisasi mengenai fitur-fitur SIM Klinik yang telah mengalami pengembangan.Sarana dan prasarana berupa SOP/regulasi, hardware, dan jaringan sudah sangat maksimal. Namun untuk software masih belum optimal karena masih menggunakan versi software yang lama. SIM BPJS belum memberikan akses bridging kepada fasilitas kesehatan. Serta belum menerapkan sistem billing pada bagian unit kasir.Kesimpulan : Penerapan SIM Klinik di Klinik Pratama 24 jam Firdaus sudah baik namun sudah memerlukan pengembangan baru untuk mengoptimalkan SIM Klinik yang telah dimiliki.
Dosen Pembimbing: | Winny Setyonugroho, S.Ked., M.T., Ph.D. | NIDN0518077402 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Challenges, Implementation, Clinical Management Information Systems, Clinical MIS |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 06:56 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 06:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |