LATIFAH MUTIARA HARYANTO (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI KLINIK PRATAMA 24 JAM FIRDAUS. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (595kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (38kB)
Bab I.pdf
Download (60kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (302kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (326kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (107kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (411kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (828kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang : Saat ini era revolusi industri 4.0 telah mengalami pengembangan teknologi yang pesat. Teknologi informasi juga berkembang pesat khususnya di aspek kesehatan sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang ada. Pelayanan kesehatan yang memiliki kompleksitas yang tinggi dalam pelaksanaannya dapat dimudahkan dengan penggunaan sistem informasi manajemen. Sistem informasi manajemen yang diterapkan dapat membantu fasilitas kesehatan dalam mengambil keputusan yang cepat, efisien, efektif, dan tepat.Subjek dan Metode : Jenis penelitian yang dipilih yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui latar belakan, tantangan, dan hambatan dalam implementasi sistem informasi manajemen klinik di klinik pratama 24 jam firdaus. Metode pengumpulan data adalah melakukan observasi dan wawancara kepada beberapa subjek. Subjek pada penelitian ini meliputi pimpinan klinik, programer, admin pendaftaran, dokter pemberi layanan, apoteker, dan kasir.Hasil : Visi dan misi yang telah ditetapkan klinik akan menjadi point yang harus diperhatikan oleh klinik dan staf IT pengembang dari SIM Klinik. Hal ini akan memudahkan untuk kedua belah pihak dalam mengembangkan dan menerapkan SIM Klinik. Berdasarkan Komponen implementasi SIM Klinik didapatkan sumber daya manusia yang berperan sebagai staf IT yang masih sangat minim untuk mengelola dan mengembangkan SIM Klinik. Belum adanya pelatihan atau sosialisasi mengenai fitur-fitur SIM Klinik yang telah mengalami pengembangan.Sarana dan prasarana berupa SOP/regulasi, hardware, dan jaringan sudah sangat maksimal. Namun untuk software masih belum optimal karena masih menggunakan versi software yang lama. SIM BPJS belum memberikan akses bridging kepada fasilitas kesehatan. Serta belum menerapkan sistem billing pada bagian unit kasir.Kesimpulan : Penerapan SIM Klinik di Klinik Pratama 24 jam Firdaus sudah baik namun sudah memerlukan pengembangan baru untuk mengoptimalkan SIM Klinik yang telah dimiliki.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Challenges, Implementation, Clinical Management Information Systems, Clinical MIS |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 06:56 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 06:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40435 |