KAJIAN GAME EDUKASI BERBASIS ONLINE/TEKNOLOGI UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB

NANDA DZIKRILLAH PELEALU (2023) KAJIAN GAME EDUKASI BERBASIS ONLINE/TEKNOLOGI UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (906kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan adanya penelitian tentang game edukasi berbasis online untuk keterampilan membaca (maharotul qiro'ah) dan menulis (maharotul kitabah) adalah untuk mempermudah peserta didik dalam menghadapi kesulitan belajar. Salah satunya peserta didik belum bisa membeda-bedakan huruf Arab dan penulisan harakat. Untuk itu media game edukasi online menjadi salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk mempercepat proses dalam kegiatan pembelajaran dan pemahaman materi yang sudah disajikan oleh guru di kelas.Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif menggunakan analisis deskriptif-analitik. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data metode dokumentasi, yaitu mempelajari dan mencari data-data berupa catatan, dokumen, transkip, buku, majalah, dan lain sebagainya. Metode ini digunakan untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalam menjawab sebuah pertanyaan yang dicari.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan beberapa aplikasi belajar bahasa Arab untuk keterampilan membaca dan menulis yang dapat digunakan sebagai media alternatif dalam pelaksanaan proses pembelajaran yaitu: untuk keterampilan membaca ada Game Arabic Words Quiz, Educandy, Wordwall, Socrative, dan Nearpod. Sedangkan untuk keterampilan menulis ada Quizlet, Duolingo, Padlet, Mentimeter dan Google Jamboard. Dengan adanya beberapa media game edukasi online yang sudah dipaparkan bisa digunakan untuk menjadi contoh dalam media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Educational Games, Reading Skills, Writing Skills
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:20
Last Modified: 07 Nov 2023 06:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40448

Actions (login required)

View Item
View Item