NURLIANA HIDAYATI (2023) MOTIF PENGGUNA DALAM MENGAKSES LAYANAN @ZONA.SLEEPCALL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (779kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (729kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (38kB)
Bab I.pdf
Download (397kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (42kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (307kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Teknologi, informasi dan komunikasi saat ini sudah berkembang sangat pesat. Perkembangan teknologi komunikasi yang didukung oleh adanya internet telah menghasilkan perubahan yang sangat besar. Tanpa disadari, di era ini hampir semua aktivitas dapat dilakukan secara online dengan menggunakan gadget. Media sosial merupakan salah satu media yang digunakan khalayak untuk melakukan komunikasi melalui jaringan internet. Salah satu kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan media sosial adalah kegiatan penjualan jasa. Salah satu jasa yang menjadi trend adalah jasa sleepcall. Dalam mengakses jasa sleepcall, terdapat motif yang mendasarinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motif mengakses layanan sleepcall dikalangan pengguna layanan @zona.sleepcall. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications. Adapun jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah teknik survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket atau kuisioner yang disebarkan kepada responden secara online. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna layanan sleepcall pada akun @zona.sleepcall dengan jumlah sebanyak 300 orang pengguna. Hasil penelitian ini adalah motif dengan nilai rata-rata (mean) tertinggi yaitu motif menghabiskan waktu dengan nilai sebesar 3,343. Motif dengan nilai rata-rata terendah adalah motif pencarian informasi dengan nilai rata-rata atau mean sebesar 3,008. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motif dikalangan pengguna layanan sleepcall pada akun @zona.sleepcall.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media, Motives, Uses And Gratifications Theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 05:51 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 05:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40621 |