MOTIF PENGGUNA DALAM MENGAKSES LAYANAN @ZONA.SLEEPCALL

NURLIANA HIDAYATI (2023) MOTIF PENGGUNA DALAM MENGAKSES LAYANAN @ZONA.SLEEPCALL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (779kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Teknologi, informasi dan komunikasi saat ini sudah berkembang sangat pesat. Perkembangan teknologi komunikasi yang didukung oleh adanya internet telah menghasilkan perubahan yang sangat besar. Tanpa disadari, di era ini hampir semua aktivitas dapat dilakukan secara online dengan menggunakan gadget. Media sosial merupakan salah satu media yang digunakan khalayak untuk melakukan komunikasi melalui jaringan internet. Salah satu kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan media sosial adalah kegiatan penjualan jasa. Salah satu jasa yang menjadi trend adalah jasa sleepcall. Dalam mengakses jasa sleepcall, terdapat motif yang mendasarinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motif mengakses layanan sleepcall dikalangan pengguna layanan @zona.sleepcall. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications. Adapun jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah teknik survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket atau kuisioner yang disebarkan kepada responden secara online. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna layanan sleepcall pada akun @zona.sleepcall dengan jumlah sebanyak 300 orang pengguna. Hasil penelitian ini adalah motif dengan nilai rata-rata (mean) tertinggi yaitu motif menghabiskan waktu dengan nilai sebesar 3,343. Motif dengan nilai rata-rata terendah adalah motif pencarian informasi dengan nilai rata-rata atau mean sebesar 3,008. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motif dikalangan pengguna layanan sleepcall  pada akun @zona.sleepcall.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Social Media, Motives, Uses And Gratifications Theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 06 Nov 2023 05:51
Last Modified: 06 Nov 2023 05:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40621

Actions (login required)

View Item
View Item