THE USE OF GRAMMARLY ON UNIVERSITY STUDENTS WRITING

ANGESTI AVICENA (2023) THE USE OF GRAMMARLY ON UNIVERSITY STUDENTS WRITING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)

Abstract

Sejak Grammarly diperkenalkan di kelas EFL, menggunakan Grammarly untuk meningkatkan keterampilan menulis sudah menjadi hal yang lumrah. Sejumlah penelitian menemukan bahwa menggunakan Grammarly untuk meningkatkan keterampilan menulis menawarkan sejumlah keuntungan. Meskipun memiliki beberapa keunggulan, Grammarly memiliki beberapa kendala dalam meningkatkan keterampilan menulis. Studi ini melihat keuntungan dan masalah yang dihadapi mahasiswa di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris universitas swasta. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah enam mahasiswa angkatan 2019 yang menggunakan Grammarly dalam tulisannya. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan Grammarly dalam meningkatkan keterampilan menulis memiliki empat keuntungan. Ada Grammarly meningkatkan pengetahuan grammar, Grammarly membuat siswa terhindar dari plagiarisme, siswa terhindar dari kesalahan ejaan dan menghindari kesalahan tanda baca. Seiring dengan keuntungan penggunaan Grammarly dalam meningkatkan keterampilan menulis, Grammarly juga memberikan beberapa masalah, yaitu Grammarly tidak dapat mengubah kalimat pasif menjadi aktif atau sebaliknya, Grammarly kesulitan dalam mengecek bahasa lain, dan umpan balik yang menyesatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keywords: using Grammarly in improving writing skills, qualitative descriptive, advantages of Grammarly, problems of Grammarly, English Language Education Department
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:12
Last Modified: 06 Nov 2023 03:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40639

Actions (login required)

View Item
View Item