IMPLIKASI PERANG DAGANG TERHADAP PERUSAHAAN MULTINASIONAL: STUDI KASUS EKSPANSI STARBUCKS DI CHINA TAHUN 2018-2020

Dyza Rizki Ananda (2021) IMPLIKASI PERANG DAGANG TERHADAP PERUSAHAAN MULTINASIONAL: STUDI KASUS EKSPANSI STARBUCKS DI CHINA TAHUN 2018-2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (830kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

<p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan secara detail terkait implikasi perang dagang terhadap perusahaan multinasional dengan studi kasus ekspansi Starbucks di China. Latar belakang dibalik pecahnya perang dagang sendiri berawal dari Amerika Serikat yang menuduh China atas praktik ilegal yang mencuri kekayaan intelektual dan defisit perdagangan Amerika Serikat yang terus-menerus meningkat. Perang dagang oleh Amerika Serikat dengan pengenaan tarif terhadap beberapa produk impor, bertujuan untuk melindungi industri dalam negeri dan meningkatkan lapangan pekerjaan. Akan tetapi, dibandingkan manfaatnya, perang dagang justru berdampak buruk terhadap industri Amerika Serikat, baik yang berada di dalam maupun luar negeri, khususnya untuk perusahaan yang berinvestasi di China. Sektor industri yang terkena dampak sebagian besar adalah sektor manufaktur, sedang Starbucks merupakan perusahaan multinasional yang berada di sektor ritel <em>food & beverage</em>. Sehingga, penelitian ini akan menunjukkan bahwa tidak seluruh perusahaan atau industri yang akan terpengaruh dari fenomena perang dagang, salah satunya adalah Starbucks.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2021 02:19
Last Modified: 05 Nov 2021 02:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4080

Actions (login required)

View Item
View Item