STRATEGI KONTEN DIGITAL GOA PINDUL PASCA PANDEMI PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK @GOAPINDULDEWABEJO TAHUN 2022

DESTYA ARWANDA (2023) STRATEGI KONTEN DIGITAL GOA PINDUL PASCA PANDEMI PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK @GOAPINDULDEWABEJO TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kerugian yeng dialami Dewa Bejo karena adanya pandemi dan hingga masa pemulihan saat pasca pandemi masih belum pulih pendapatannya. Maka dari itu Dewa Bejo berusaha beradaptasi dengan keadaan saat itu dengan membuat strategi konten, memproduksi konten dan memposting di media sosial Tiktok yang man media sosial Tiktok di waktu itu sedang populer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma post positivistik dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara secara mendalam dengan tim dibalik akun Tiktok Dewa Bejo serta dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi konten digital yang dilakukan oleh Dewa Bejo pada media sosial Tiktok @goapinduldewabejo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi konten digital pasca pandemi pada Tiktok Dewa Bejo adalah dengan perencanan, pelaksanaan dan evaluasi. Strategi adalah perencanaan awal yang dilakukan sebelum konten dibuat, pelaksanaan strategi konten adalah saat strategi diaplikasikan, dan terakhir evaluasi yakni melihat kembali apa yang sudah dikerjakan, dengan memperbaiki apa yang sudah dilakukan. Strategi perencanaannya yakni menentukan media sosial yang akan digunakan, menentukan segmentasi, memilah media online dan offline, menentukan harga paket, menentukan media utama, serta unique selling konten. Pelaksanaannya dengan memanfaatkan isu terbaru untuk konten, menggunakan gaya konten yang mudah dipahami, menggunakan influencer, bekerja sama dengan biro perjalanan dan menyebarkan konten. Terakhir adalah evaluasi yang dilakukan secara rutin setiap sebulan sekali. Kedua, dengan menggunakan 8 langkah-langkah strategi konten yaitu menetapkan tujuan, pemetaan target, perencanaan konten, penciptaan konten distribusi konten, penguatan konten, evaluasi dan perbaikan konten. Dari kedelapan langkah ini menjadikan Dewa Bejo lebih fokus, terstruktur dan terarah alur strategi kontennya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Digital Content Strategy, Goa Pindul, Dewa Bejo, Post-Pandemic
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:03
Last Modified: 26 Oct 2023 06:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40802

Actions (login required)

View Item
View Item