CARISSA EKKA CANTIKA (2023) MANAJEMEN CYBER PUBLIC RELATIONS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN SRAGEN DALAM RANGKA MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI PUBLIK DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020-2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Bab I.pdf
Download (593kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (392kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (700kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Pandemi akibat Virus Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 telah menyebabkan dampak yang signifikan pada seluruh aspek kehidupan manusia. Adanya kebijakan social distancing yang ditetapkan oleh pemerintah menyebabkan kerumunan dilarang untuk dilaksanakan, sehingga upaya pemerintah dalam mensosialisasikan kebijakan dan memberikan informasi terkait perkembangan Covid-19 menjadi terkendala. Dalam situasi seperti ini, diperlukan sebuah perencanaan dari pemerintah dalam hal ini pemerintah Kabupaten Sragen melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen untuk dapat berkomunikasi dengan publik tanpa menimbulkan kerumunan. Perencanaan ini dapat dilakukan melalui penerapan manajemen Cyber Public Relations yakni kegiatan manajemen kehumasan menggunakan media berbasis intenet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen Cyber Public Relations yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi publik di masa pandemi Covid-19 tahun 2020-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Cyber Public Relations Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen sudah menerapkan empat tahap dalam four steps of PR yakni Fact finding dengan cara analisis situasi, planning programming dengan menetapkan penanggung jawab, tujuan, target sasaran, dan pengelolaan konten, Taking actions and communications dengan melaksanakan aktivitas Cyber Public Relations yakni attracting visitors through search, engagement and dialogue, building campaign buzz, dan defensive crisis, dan tahap yang terakhir yakni evaluations dengan melakukan monitoring dan evaluasi secara internal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Relations Management, Cyber Public Relations, online media, Diskominfo,Sragen Regency |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:00 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40811 |