REZKY AMALIAH (2023) STRATEGI KOMUNIKASI RADIO AL MARKAZ DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (401kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Bab I.pdf
Download (248kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (723kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (192kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan strategi komunikasi Radio Al Markaz. Latar belakang penelitian ini dikarenakan mulai banyaknya radio streaming ditambah dengan program siaran yang semakin menarik sehingga hal ini menjadi suatu tantangan bagi lembaga penyiaran dakwah untuk tetap eksis dan meningkatkan eksistensi nya. Salah satu lembaga penyiaran dakwah yang masih mengudara dan terus eksis di tengah perkembangan teknologi dan informasi saat ini yaitu Radio Al Markaz, oleh karena itu, penulis ingin mengetahui strategi komunikasi seperti apa yang digunakan Radio Al Markaz. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat Radio Al Markaz dalam meningkatkan eksistensi nya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan teori yang digunakan adalah teori strategi komunikasi dari Effendy. Adapun hasil dari penelitian ini menggambarkan adanya strategi komunikasi yang dilakukan oleh Radio Al Markaz dalam meningkatkan eksistensinya ditengah perkembangan teknologi diantaranya dengan menetapkan target sasaran dan memanfaatkan jejaring media sosial. Serta adanya faktor-faktor penghambat dan pendukung seperti dengan menetapkan target sasaran Radio Al Markaz tetap harus memperkenalkan dirinya sebagai radio dakwah namun tidak sepenuhnya religi, serta untuk faktor pendukung Radio Al Markaz lebih mudah dikenal karena berada di bawah Yayasan Islamic Center. Sedangkan untuk faktor penghambat dari memanfaatkan jejaring media sosial yaitu masih kurangnya sumber daya manusia (SDM) sehingga platform yang digunakan belum optimal dan untuk faktor pendukungnya yaitu, karena pesan yang disampaikan melalui siaran radio nantinya akan diunggah langsung ke sosial meia oleh tim divisi pemberitaan Radio Al Markaz.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Communication Strategy, Radio, Da'wah |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 04:08 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 04:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40816 |