RACHMAT FAJAR RINALDY (2023) DAKWAH MILENIAL MUSLIM KELAS MENENGAH: STUDI NETNOGRAFI KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM @HANAN_ATTAKI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (950kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
Bab I.pdf
Download (383kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (751kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (250kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (997kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena dakwah milenial muslim kelas menengah dalam akun Instagram Hanan Attaki. Kemunculan fenomena dakwah di Indonesia menandai konteks konvergensi media, yang antara lain memproduksi mediatisasi pesan keagamaan. Hanan Attaki merupakan figur pendakwah di kalangan milenial muslim kelas menengah, yang mendayagunakan konvergensi media sehingga menarik ratusan ribu pengikutnya dalam berbagai kanal media sosial. Rekam jejak dakwah milenial kelas menengah muslim di Indonesia yang dilakukan Hanan Attaki di Instagram juga memperlihatkan adanya mediatisasi dan kapitalisasi pesan keagamaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-interpretif melalui kajian netnografi. Netnografi menekankan pada pengeksplorasian dan pemahaman mengenai suatu fenomena penelitian berdasarkan pandangan partisipan yang dijelaskan secara rinci, baik sifat individu, keadaan sosial di sekitarnya, maupun gejala khas atas kelompok di dalamnya. Dakwah milenial muslim kelas menengah Hanan Attaki terdiri atas segi penggunaan bahasa, konten dakwah, dan audiens. Penggunaan bahasa cenderung dialogis dengan pemakaian istilah atau terminologi khas urban. Konten dakwah yang diartikulasikan Hanan Attaki banyak memberikan contoh bagaimana menjadi muslim dan pengusaha sekaligus agar dapat memberikan manfaat seluas mungkin kepada orang lain. Konten dakwah tersebut memperlihatkan corak borjuis kecil khas milenial kelas menengah di perkotaan. Audiens dakwah Hanan Attaki menyasar kepada kelas mennegah muslim urban yang secara sosial membedakan dengan kelas bawah. Hanan Atatki banyak menyelenggarakan dakwah di hotel atau tempat berbayar lain dengan skema tiket, meskipun tiket ini dianggap sebagai investasi akhirat melalui konsep sedekah atau infak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Communication, Millennials Da�wah, Middle Class, Hanan Attaki |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 08:02 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 08:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40916 |