Alfandy Dafa Zein (2021) STRATEGI PROGRAM PODKESMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENDENGAR DI SPOTIFY TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Bab I.pdf
Download (749kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (606kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (254kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (694kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Dalam dua tahun terakhir, karya audio digital yaitu ‘podcast’ semakin berkembang pesat, baik dari sisi pendengar, kreator maupun dari sisi platformnya. Persaingan yang semakin ketat dalam industri podcast, telah menuntut para kreatornya untuk melakukan berbagai strategi dalam berkarya. Termasuk PODKESMAS sebagai podcast exclusive spotify. Dalam hal ini, tentu PODKESMAS membutuhkan strategi program yang tepat agar selalu menarik perhatian pendengar podcast di Indonesia maupun dari seluruh penjuru dunia sehingga jumlah pendengarnya kian meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci mengenai konsep Strategi program PODKESMAS dalam meningkatkan jumlah pendengar di Spotify. metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi program PODKESMAS sudah sesuai dengan konsep dari Peter Pringle yang terdiri atas perencanaan, produksi, eksekusi dan evaluasi. Tim PODKESMAS berhasil melakukan upaya yang terbaik pada produksi dan eksekusi. Dalam hal ini, terbukti pada kualitas audionya dan dengan menerapkan season podcast dalam aktivitasnya. Selain itu, PODKESMAS juga memanfaatkan media sosial dalam hal publikasi, menjalin komunikasi dan membangun engagement bersama pendengar. Sehingga dapat dikatakan bahwa strategi program PODKESMAS berhasil dalam meningkatkan jumlah pendengar di Spotify. Hal ini dibuktikan dengan jumlah streams pendengar PODKESMAS yang kian meningkat disetiap bulannya dan PODKESMAS sampai saat ini juga konsisten berada pada top podcast chart di Spotify.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:15 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4105 |