AIRLANGGA ANDHIKA PRATAMA (2023) KEEFEKTIFAN APLIKASI DUOLINGO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA N4 BAHASA JEPANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (504kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (916kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang keefektifan aplikasi Duolingo dalam meningkatkan kemampuan kosakata n4 bahasa jepang. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang untuk kelas eksperimen dan 10 orang untuk kelas kontrol. Dari hasil analisis data uji t hitung dan dan uji kriteria hipotesis, maka diketahui bahwa nilai t hitung = 2.302 < t tabel = 2.306 yang menurut uji kriteria hipotesis bahwa Ha ditolak dan H0 diterima. Selanjutnya, hasil perhitungan keefektifan pembelajaran pada kelompok eksperimen dengan rumus N gain didapatkan 0.62 yang menunjukkan bahwa aplikasi Duolingo efektif dalam meningkatkan kemampuan kosakata. Selain itu, pada hasil analisis angket menunjukkan sebagian besar mahasiswa berpendapat bahwa aplikasi Duolingo menarik dan membantu motivasi mahasiswa dalam mempelajari kosakata.
Dosen Pembimbing: | Dedi Suryadi, S.Pd., M.Ed., Ph.D. | NIDN0504047102 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Duolingo, Vocabulary |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:08 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |