KEEFEKTIFAN APLIKASI DUOLINGO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA N4 BAHASA JEPANG

AIRLANGGA ANDHIKA PRATAMA (2023) KEEFEKTIFAN APLIKASI DUOLINGO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA N4 BAHASA JEPANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keefektifan aplikasi Duolingo dalam meningkatkan kemampuan kosakata n4 bahasa jepang. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang untuk kelas eksperimen dan 10 orang untuk kelas kontrol. Dari hasil analisis data uji t hitung dan dan uji kriteria hipotesis, maka diketahui bahwa nilai t hitung = 2.302 < t tabel = 2.306 yang menurut uji kriteria hipotesis bahwa Ha ditolak dan H0 diterima. Selanjutnya, hasil perhitungan keefektifan pembelajaran pada kelompok eksperimen dengan rumus N gain didapatkan 0.62 yang menunjukkan bahwa aplikasi Duolingo efektif dalam meningkatkan kemampuan kosakata. Selain itu, pada hasil analisis angket menunjukkan sebagian besar mahasiswa berpendapat bahwa aplikasi Duolingo menarik dan membantu motivasi mahasiswa dalam mempelajari kosakata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Duolingo, Vocabulary
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:08
Last Modified: 24 Oct 2023 07:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41113

Actions (login required)

View Item
View Item