ANALISIS SEMIOTIKA VISUAL KONTEN INFORMASI PUBLIK PADA INSTAGRAM KOMINFO DIY

PUTRI BAGUS AULIA (2023) ANALISIS SEMIOTIKA VISUAL KONTEN INFORMASI PUBLIK PADA INSTAGRAM KOMINFO DIY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui AnalisisSemiotika Visual Konten Informasi Publik pada Instagram Kominfo DIY. Berada di era globalisasisaat ini, mempermudah masyarakat untukmendapatkan informasi dari media digital terkhususnya media sosial seperti Instagram.  Berdasarkan informasi yang di rilis oleh Sensor Tower di tahun 2020 di Indonesia sendiri, penetrasi pengguna media sosial Instagram terus meningkat menjadi 59 persen dari 272,1 juta total penduduk Indonesia. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan model teori analisis semiotik Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis-jenis konten dibulan Februari 2023 cukup optimal karena menurut Firmansyah, dari 6 jenis konten yang seharusnya ada, faktanya ada tiga yaitu video, foto, dan infografis. Selanjutnya, Instagram Kominfo telah menyajikan konten yang berkaitan dengan keterbukaan informasi publik, sehingga peneliti menganggap jika Kominfo DIY telah menjadi good goverment dengan keterbukaan informasi publiknya. Dan yang terakhir, visual konten pada Instagram Kominfo DIY yang di unggah melalui Instagram memiliki makna tanda, objek, dan penafsiran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Content Analysis, Public Information, Charles Sanders Peirce Semiotics, Instagram
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:06
Last Modified: 24 Oct 2023 07:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41119

Actions (login required)

View Item
View Item