FIERDAUS VALENTINO EKA PERMANA (2023) INOVASI PROGRAM GELIMASJIWO DALAM PENANGANAN ORANG DALAM GANGGUAN JIWA DI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (759kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul memilkiinovasi tentang GELIMASJIWO kegunaannya untuk layanan percepatan kesembuhan kejiwaan. Inovasi ini di launching pada tahun 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui,mendeskripsikan, dan menganalisis Inovasi GELIMASJIWO Jadi,faktor penghambat dan pendukung inovasi Gelimsjiwo di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pegawai bidang P2P Dinas Kesehatan Bantul dan Petugas Gelimasjiwo,dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawnacara,dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Inovasi Pelayanan Publik Gelimasjiowo Kabupaten Bantul setiap tahun sudah menerapkan atribut inovasi a) Relative Advantage, pelayanan, pendataan, dan penyembuhan gratis dan waktu pelayanan menjadi lebih cepat yaitu 24 Jam/ request. b) Compatibility, sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan yang cepat dan mudah tetapi, sosialisasi kepada masyarakat belum optimal. c) Complexity diharapkan lebih baik dari inovasi sebelumnya d) Triability, Inovasi Gelimasjiwo telah di uji coba dan mendapatkan respon yang baik dari masyarakat sehinggaa pelayanan yang diberikan telah dilakukan secara optimal serta tingkat kepuasan masyarakat terhadap Inovasi Gelimasjiwo sangat memuaskan. e) Observability, Inovasi Aksi Simpati mudah diamati karena pelayanan yang diberikan bersifat terbuka serta prosedur dan mekanisme yang diberikan sangat cepat dan mudah. (2) Faktor-faktoryang dapat mempengaruhi pelaksanan Inovasi Gelimasjiwo adalah Adat/ KearifanLokal,letak Geografis , Infrastruktur dan sumber daya manusia. Dapat disimpulkan bahwa Inovasi Gelimasjiwo telah dilaksanakan denganbaik dan mengacu pada kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini.Rekomendasi dalam penelitian ini adalah perlunya peningkatan sosialisasi kepada masyarakat dan untuk Dinkes Bantul sendiri perlu mengadakan evaluasi untuk penyesuaian dengan apa yang dibutuhkan masyrakat.
Dosen Pembimbing: | Suranto, Dr., M.Pol. | NIDN0512056501 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | : Public Service, Public Sector Inovation, Gelimasjiwo |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 06:48 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 06:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41154 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |