Teachers’ Perception on the Benefits and Challenges of Using Storytelling in Teaching English to Young Learners

Nuzul Harwati (2021) Teachers’ Perception on the Benefits and Challenges of Using Storytelling in Teaching English to Young Learners. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)

Abstract

<p>Mendongeng merupakan salah satu elemen yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang manfaat menggunakan bercerita dalam pengajaran bahasa Inggris dan juga untuk menyelidiki tantangan dalam mengajar menggunakan bercerita. Peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, peneliti melibatkan tiga orang guru bahasa Inggris di tiga sekolah dasar swasta di Yogyakarta sebagai partisipan yang terdiri dari tiga orang perempuan dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru memperoleh empat manfaat dalam menggunakan mendongeng. Bercerita memiliki manfaat dalam meningkatkan kosakata guru, meningkatkan pengetahuan guru, meningkatkan pemikiran kritis, dan meningkatkan keterampilan komunikasi guru kepada siswa. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada lima tantangan yang dihadapi guru selama mengajar menggunakan metode bercerita. Mereka adalah kesulitan dalam memilih cerita, kesulitan dalam mempertahankan perhatian siswa, kesulitan dalam menggunakan ekspresi wajah yang tepat, kesulitan dalam mengatur waktu, dan kesulitan dalam memahami cerita.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:15
Last Modified: 17 Dec 2021 02:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4118

Actions (login required)

View Item
View Item