Nuzul Harwati (2021) Teachers’ Perception on the Benefits and Challenges of Using Storytelling in Teaching English to Young Learners. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) |
Abstract
<p>Mendongeng merupakan salah satu elemen yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang manfaat menggunakan bercerita dalam pengajaran bahasa Inggris dan juga untuk menyelidiki tantangan dalam mengajar menggunakan bercerita. Peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, peneliti melibatkan tiga orang guru bahasa Inggris di tiga sekolah dasar swasta di Yogyakarta sebagai partisipan yang terdiri dari tiga orang perempuan dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru memperoleh empat manfaat dalam menggunakan mendongeng. Bercerita memiliki manfaat dalam meningkatkan kosakata guru, meningkatkan pengetahuan guru, meningkatkan pemikiran kritis, dan meningkatkan keterampilan komunikasi guru kepada siswa. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada lima tantangan yang dihadapi guru selama mengajar menggunakan metode bercerita. Mereka adalah kesulitan dalam memilih cerita, kesulitan dalam mempertahankan perhatian siswa, kesulitan dalam menggunakan ekspresi wajah yang tepat, kesulitan dalam mengatur waktu, dan kesulitan dalam memahami cerita.</p>
Dosen Pembimbing: | Ika Wahyuni Lestari, S.Pd., M.Hum. | NIDN0511068603 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:15 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |