MANAJEMEN STRATEGIS RAHMA.ID DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI MEDIA ONLINE PEREMPUAN DAN ISLAM

AISYI IKRIMA AMANATI (2023) MANAJEMEN STRATEGIS RAHMA.ID DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI MEDIA ONLINE PEREMPUAN DAN ISLAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penerapan manajemen memiliki peran penting dalam meningkatkan eksistensi media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategis media online sebagai saluran komunikasi digital melalui media perempuan berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Seiring dengan perkembangan teknologi di Indonesia, media online semakin banyak digunakan sehingga menimbulkan persaingan satu sama lain, termasuk di segmen wanita. Namun, media online pada segmen perempuan dan Islam masih kurang mendapat perhatian, padahal memiliki potensi yang sama dengan segmen lainnya. Untuk itu kajian manajemen strategis pada media online perempuan dan Islam memiliki peran dalam menciptakan struktur sistem manajemen yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan media massa. Secara teoritis, penelitian ini menganalisis pola penerapan fungsi manajemen Planning, Organizing, Actuating, and Controlling (POAC) menurut George R Terry pada media online RahmaID. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif pada media online perempuan dan Islam untuk menentukan strategi pengelolaan yang digunakan. Selanjutnya, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan media online melalui POAC dan memberikan gambaran tentang strategi pengelolaan yang diterapkan untuk meningkatkan eksistensi publik. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa penerapan manajemen strategis dinilai sudah cukup optimal. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan media massa bagi pengelola media online, pembaca, dan regulator.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategy Management, Women and Islam Online Media, Existence
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 19 Oct 2023 09:47
Last Modified: 19 Oct 2023 09:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41227

Actions (login required)

View Item
View Item