PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 7 DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING

REZA RIMBA FEBRIAN (2023) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 7 DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas secara deskriptif tentang pengaruh self regulated learning dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas 7 di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui terkait pengaruh self regulated learning dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan jenis kuantitatif. Adapun populasi pada penelitian ini adalah peserta yang dipilih menggunakan Purposive Random Sampling yaitu peserta didik kelas 7 dengan jumlah 159 peserta didik, dengan sampel penelitian sebanyak 74 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan model angket tertutup. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif sederhana, dan regresi berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa pengaruh self regulated learning dan dukungan orang tua tergolong pada kategori sedang. Kemudian motivasi belajar peserta didik masuk kategori sedang. Hasil analisis coefficient dan regresi menunjukan bahwa self regulated learning dan dukungan orang tua memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial dan stimultan terhadap motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dari nilai rhitung X1 (2,549) dan rhitung X2 (2,975) > rtabel (0,235). Dan untuk uji F diketahui nilai F­hitung (9,763) > Ftabel (3,124).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: self regulated learning, parental support, learning motivation
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 19 Oct 2023 09:46
Last Modified: 19 Oct 2023 09:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41231

Actions (login required)

View Item
View Item