REZA RIMBA FEBRIAN (2023) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 7 DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (320kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
Bab I.pdf
Download (307kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (394kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (650kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (370kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (422kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini membahas secara deskriptif tentang pengaruh self regulated learning dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas 7 di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui terkait pengaruh self regulated learning dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan jenis kuantitatif. Adapun populasi pada penelitian ini adalah peserta yang dipilih menggunakan Purposive Random Sampling yaitu peserta didik kelas 7 dengan jumlah 159 peserta didik, dengan sampel penelitian sebanyak 74 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan model angket tertutup. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif sederhana, dan regresi berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa pengaruh self regulated learning dan dukungan orang tua tergolong pada kategori sedang. Kemudian motivasi belajar peserta didik masuk kategori sedang. Hasil analisis coefficient dan regresi menunjukan bahwa self regulated learning dan dukungan orang tua memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial dan stimultan terhadap motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dari nilai rhitung X1 (2,549) dan rhitung X2 (2,975) > rtabel (0,235). Dan untuk uji F diketahui nilai Fhitung (9,763) > Ftabel (3,124).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self regulated learning, parental support, learning motivation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:46 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41231 |