AMANAH TRI CAHYANINGRUM (2023) STRATEGI BUMDES SAMBIMULYO DALAM MENINGKATAKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI TEBING BREKSI PADA ERA NEXT NORMAL TAHUN 2022-2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (460kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Bab I.pdf
Download (317kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (401kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pasca pandemi Covid-19 perekonomian pada sektor pariwisata sedikit demi sedikit mengalami perubahan, salah satu kebutuhan hidup manusia untuk menghilangkan rasa lelah, jenuh bahkan stress yang diakibatkan oleh kesibukan dan padatnya waktu kerja adalah dengan cara refreshing, namun, pembatasan aktivitas yang diatur oleh pemerintah menimbulkan berbagai kerugian, dan berdampak pada perekonomian terkhusus dalam sektor pariwisata yang sesusi dengan penilitian ini mengenai Tebing Breksi yang berlokasi di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman DIY. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi serta studi dokumentasi serta mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak pengelola objek wisata Tebing Breksi. Hasil dari penelitian dalam hal strategi pengembangan oleh BUMDes Sambimulyo untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Tebing Breksi pada era next normal tahun 2023 mengguakan startegi khusus sesuai dengan keadaan pasca era pandemi yaitu fokus pada Program Digital Marketing dengan melakukan promosi dengan menggunakan media sosial, media cetak, dan media informasi lainya, yang mana dalam strategi ini sangat efektif untuk digunakan dan meminimalisir resiko penyebaran/ penularan Covid-19, Media Promosi dengan Seniman Sambirejo dengan membuat acara-acara budaya, yang terjadwal dan tidak terjadwal yang diselenggarakan sesuai kebutuhan masyarakat dan mempunyai nilai pasar, Membuat inovasi-inovasi sesuai peluang yang ada dan memiliki nilai jual Pada startegi ini Pihak BUMDes dituntut untuk selalu berinovasi dan berkembang dalam hal mengelola objek wisata tebing breksi sesuai kebutuhan masyarakat sebagai pengunjung, dalam hal ini Pihak BUMDes lebih berfokus pada pengembangan objek wisata dan fasilitas umum. Saran rekomendasi media promosi online harus dikelola dengan baik lagi sehingga banyak hal-hal baru mengenai objek wisata Tebing Breksi terekspos dengan baik dan diketahui oleh setiap orang yang melihat dari media online.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | next normal, strategy, BUMDes sambimulyo, tourist visits, breccia cliffs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:38 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41274 |