STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 42 SEMARANG

ARDIAN BAGUS KURNIAWAN (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 42 SEMARANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (810kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural, faktor pendukung dan penghambat, serta solusi dalam mengatasi hambatan dari penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural di SMP Negeri 42 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif dalam pengambilan data. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kredibilitas data dilakukan dengan menggunakan cara triangulasi. Dan analisis data menggunakan 3 teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PAI berwawasan multikultural yang digunakan guru adalah strategi pembelajaran dengan metode tatap muka dengan model pembelajaran berbasis produk contohnya membuat poster pembelajaran dengan bepedoman pada kurikulum merdeka dan penyesuaian juga terhadap visi misi sekolah yang terdapat nilai-nilai multikultural. Dalam penyesuaian perencaan strategi pembelajaran PAI berwawasan multikultural ini menggunakan prosedur seperti, perencanaan, proses pembelajaran, dan kegiatan pembiasaan. Faktor pendukung dari strategi ini yaitu: Peran Kepala Sekolah dalam menerapkan nilai-nilai multikultural baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan kehidupan sehari-hari. Sedangkan faktor penghambatnya penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikutural ini lebih kepada susahnya penguatan wawasan mereka karena seorang siswa terkadang kurang mendapatkan pengawasan dari orang tuanya dirumah dan jika tidak adanya pendampingan dan penguatan wawasan multikultural mereka akan menjadi seseorang yang intoleran dan menutup diri dari keragaman. Adapun upaya guru PAI dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu: observasi kesiswa dan memberikan perlakuan yang sama

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: learning strategy, Islamic religious education with a multicultural insight, multicultural values
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 19 Oct 2023 09:22
Last Modified: 19 Oct 2023 09:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41312

Actions (login required)

View Item
View Item