KARUNIA FIRDAUSI MULYADI (2023) PENGARUH KESADARAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN CRITICAL THINKING SKILL MAHASISWA DI ERA DIGITAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (396kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab I.pdf
Download (138kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Setiap individu perlu kesadaran literasi digital untuk bisa memanfaatkan, dan menggunakan media secara aware dan tanggung jawab. Dengan masifnya penggunaan teknologi didalam kehidupan sehari-hari maka digital/teknologi ibarat pisau bermata dua, ada positifnya disisi lain ada sisi negatifnya sehingga perlu literasi digital untuk meningkatkan critical thinking skillnya di dalam setiap individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran literasi digital terhadap peningkatan critical thinking skill mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di era digital. Keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking Skill) adalah keterampilan individu untuk berpikir secara rasional dan reflektif sehingga mampu mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan yang matang dalam menyelesaikan suatu masalah (Anugraheni, 2020:261). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Adapun metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner sebagai data primer sedangkan data sekunder didapat dari wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan jumlah populasi sebanyak 225 mahasiswa dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 56 mahasiswa terdiri dari Pendidikan Agama Islam angkatan 2020 dan 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: hasil perhitungan yang diperoleh dari uji koefisiensi bahwa variabel Kesadaran Literasi Digital (X) sebesar 25,763 dan variabel Critical Thinking Skill (Y) sebesar 0,669 jika Kesadaran Literasi Digital (X) ditingkatkan sebesar 1 maka akan meningkatkan Critical Thinking Skill (Y) sebesar 0,669 sehingga ada pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Adapun berdasarkan hasil perhitungan dari uji regresi linear sederhana diperoleh hasil nilai Sig. 0,000 < 0> critical thinking skill mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di era digital. Kemudian pengaruh kesadaran literasi digital terhadap peningkatan critical thinking skill ialah sebesar 402 berdasarkan nilai R Square pada uji korelasi sehingga dapat dipersenkan sebesar 40,2%, artinya ada faktor-faktor lain yang lebih mempengaruhi critical thinking skill mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | digital literacy awareness, critical thinking skills, education, digital era |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:10 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41371 |