IRLIA MIRANTI (2023) EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIKIH PADA SANTRI KELAS VII MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (633kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (273kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
Bab I.pdf
Download (397kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (459kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (323kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai �Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fikih pada Santri Kelas VII Madrasah Mu�allimaat Muhammadiyah Yogyakarta�. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode demonstrasi. Selain itu, juga dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran Fikih pada santri kelas VII di Madrasah Mu�allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan guna mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran Fikih kelas VII di Madrasah Mu�allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk metode deskriptif.Adapun pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan metode instrumen kuesioner, dokumentasi, observasi dan wawancara sebagai sumber datanya. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fikih kelas VII di Madrasah Mu�allimaat Muhammadiyah Yogyakarta berjalan dengan baik dan efisien. Hal ini dapat diketahui sebagai berikut, diantaranya : 1) Penerapan metode demonstrasi diterapkan dengan cara diperagakan oleh guru fikih di depan kelas sehingga siswa dapat melihat, mencerna dan memahami secara langsung mengenai materi fikih yang disampaikan guru. 2) Metode demonstrasi adalah metode yang efektif digunakan karena dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi yang disampaikan dan berjalan sesuai tujuan yang akan dicapai, serta mayoritas dari siswa menjadi lebih semangat, termotivasi, tidak bosan dan merasa senang dengan adanya penerapan metode demonstrasi karena menghidupkan suasana kelas. 3) Faktor pendukung implementasi metode demonstrasi di Madrasah Mu�allimaat Muhammadiyah Yogyakarta kelas VII adalah tersedianya sarana prasarana yang memadai serta peran guru yang berpengaruh besar pada perubahan tingkah laku siswa, dan faktor yang menghambat implementasi metode demonstrasi di Madrasah Mu�allimaat Muhammadiyah Yogyakarta diantaranya adalah disebabkan karena siswa itu sendiri, baik karena siswa kurang tertarik, termotivasi ataupun faktor internal yang ada pada diri siswa tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Demonstration Method, Fiqh Learning |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:52 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41376 |