Muhammad Risal Rhomadan (2021) Penggunaan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Baca Bahasa Arab siswa Kelas Lima SD Muhammadiyah 3 Ambarketawang Tahun Ajaran 2020 - 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (907kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (467kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (460kB)
Bab I.pdf
Download (638kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (884kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (581kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (479kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media karikatur untuk meningkatkan minat siswa dalam kemampuan membaca bahasa Arab kelas 5 SD Muhammadiyah 3 Ambarketawang. Penelitian ini didasari dari rendahnya minat siswa dalam membaca teks Arab yang menyebabkan rendahnya kemampuan mereka dalam skill membaca. Dan sample kajian penelitian ini adalah siswa kelas 5 sebanyak 20 siswa. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif untuk memperoleh hasil kajian yang dapat dipercaya. Adapaun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Sementara instrument yang digunakan dalam memperoleh data adalah instrumen monitoring dan evalusasi (Monev) dan instrumen tingkat kesejahteraan siswa (Questionnaire of Students Wellbeing). Diantara hasil kajian yang terpenting adalah bahwasannya penggunaan media karikatur bahasa arab itu meningkatkan minat siswa dalam skill membaca bahasa Arab karna media karikatur bahasa Arab ini menarik unik dan bermanfaat dalam pembelajaran bahasa Arab. Peningkatan ini dibuktikan dengan apa yang peneliti peroleh dari penilaian dihasilkan dari penilaian berdasarkan kuisioner tingkat kesejahteraan siswa (Questionnaire of Students Wellbeing) dan perinciannya: 7 siswa dalam kategori sangat baik (87,5 % - 95%), dan 12 siswa dalam kategori baik ( 72,5% - 85%), dan 1 siswa dalam kategori cukup (70 %). Adapun persentase rata-rata dari keseluruhan responden ini adalah 83, 625 %.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 03:48 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 03:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4140 |