PENERAPAN STUDENT CENTERED LEARNING(SCL) DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA JEPANG

TALITA RAHMA ARISKA (2023) PENERAPAN STUDENT CENTERED LEARNING(SCL) DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA JEPANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (978kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Metode pembelajaran menjadi salah satu kunci utama dalam proses pembelajaran agar tujuan dari pembelajaran tercapai dan terarah. Penelitian ini berjudul Penerapan Student Centered Learning (SCL) dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Jepang yang bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran berbicara bahasa Jepang dan mengetahui respon mahasiswa terkait penerapan Student Centered Learning. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif kepada Siswa Kelas X Farmasi SMK Kesehatan Binatama Tahun Ajaran 2022/2023. Untuk mendapatkan data, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, dalam proses pembelajaran berbicara bahasa Jepang menunjukan bahwa terdapat tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi dengan pendekatan 4C (Collaboration, Communication, Critical thinking, dan Creativity). Lebih lanjut, data angket respon siswa secara keseluruhan bahwa penerapan Student Centered Learning dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang di SMK Kesehatan Binatama berhasil meningkatkan keterlibatan siswa, kemampuan aktifitas, komunikasi, dan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementation, Student Centered Learning, Japanese LanguageSpeaking Learning
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:07
Last Modified: 21 Sep 2023 04:07
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41405

Actions (login required)

View Item
View Item