TALITA RAHMA ARISKA (2023) PENERAPAN STUDENT CENTERED LEARNING(SCL) DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA JEPANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (978kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (449kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (240kB)
Bab I.pdf
Download (303kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (57kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Metode pembelajaran menjadi salah satu kunci utama dalam proses pembelajaran agar tujuan dari pembelajaran tercapai dan terarah. Penelitian ini berjudul Penerapan Student Centered Learning (SCL) dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Jepang yang bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran berbicara bahasa Jepang dan mengetahui respon mahasiswa terkait penerapan Student Centered Learning. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif kepada Siswa Kelas X Farmasi SMK Kesehatan Binatama Tahun Ajaran 2022/2023. Untuk mendapatkan data, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, dalam proses pembelajaran berbicara bahasa Jepang menunjukan bahwa terdapat tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi dengan pendekatan 4C (Collaboration, Communication, Critical thinking, dan Creativity). Lebih lanjut, data angket respon siswa secara keseluruhan bahwa penerapan Student Centered Learning dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang di SMK Kesehatan Binatama berhasil meningkatkan keterlibatan siswa, kemampuan aktifitas, komunikasi, dan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementation, Student Centered Learning, Japanese LanguageSpeaking Learning |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 04:07 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 04:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41405 |