AMALIA FEBRIYANTI (2023) DAMPAK TAYANGAN UPIN-IPIN TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA (STUDI KASUS SISWA KELAS III SDIT AL-MA'RUF TEGALREJO MAGELANG). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (571kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (317kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
Bab I.pdf
Download (138kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (396kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (230kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (656kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (611kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Film kartun adalah salah satu produk tayangan diberbagai media yang dapat mendidik dan mengubah perilaku sosial anak di SDIT Al-Ma�ruf Tegalrejo Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak tayangan Upin-Ipin terhadap perilaku sosial siswa kelas 3 di SDIT Al-Ma�ruf Tegalrejo Magelang. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Wali kelas III, Guru kelas III, dan 3 Siswa dari kelas III. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tayangan Upin Ipin memberikan dampak positif terhadap perilaku sosial siswa dengan melihat peningkatan kemampuan siswa dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik serta membantu meningkatkan empati siswa terhadap orang lain. (2) karakter-karakter dalam tayangan Upin Ipin memiliki nilai-nilai positif tentang perilaku sosial serta mudah untuk dipahami dan dipraktikkan oleh anak dalam kesehariannya. (3) Tayangan seperti Upin-Ipin yang menyajikan nilai-nilai sosial yang positif dan interaksi sosial yang baik dapat memiliki potensi untuk memengaruhi perilaku sosial siswa kelas 3. (4) Dampak tayangan terhadap perilaku sosial siswa tidak hanya ditentukan oleh satu faktor saja, tetapi lingkungan keluarga, sekolah, dan interaksi sehari-hari juga berperan penting dalam membentuk perilaku sosial siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upin and Ipin TV Series, Social Behavior, Students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 02:50 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 02:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41581 |