KOMUNIKASI PROFETIK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM@LENSAMU PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH

NURUL JIDAN ISMAIL (2023) KOMUNIKASI PROFETIK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM@LENSAMU PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai komunikasi profetik, model komunikasi profetik di Media Sosial PP Muhammadiyah, kemudian untuk mengetahui kendala dan solusi pada penerapan komunikasi profetik PP Muhammadiyah di media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif melalui metode wawancara secara mendalam, teknik observasi dan dokumentasi dengan subjek penelitian yang memenuhi kriteria yaitu sebagai pengelola akun instagram @lensamu, koordinator media sosial PP Muhammadiyah, dan koordinator redaksi & website PP Muhammadiyah. Dengan teknik analisis berupa pengumpulan data, pengelolaan data dan penyajian data serta triangulasi data sehingga diperoleh kesimpulan penelitian. Berdasarkan tujuan penelitian ini, tentunya memiliki manfaat yaitu, memberikan sumbangan pemikiran serta sumbangan ilmiah dalam ilmu komunikasi profetik, yaitu terkait bermedia sosial dan sebagai pijakan serta refrensi untuk penelitian-penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan komunikasi profetik. Temuan pada penelitian ini adalah yang pertama, dalam upaya berkomunikasi PP Muhammadiyah di instagram lensamu mengandung nilai-nilai profetik. Nilai-nilai profetik juga menjadi pilar konten di instagram lensamu baik di humanisasi saat penyampaian berita-berita kemanusiaan contohnya di Majelis Pembinaan Kesehatan Umum, Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial, dan Majelis pemberdayaan Masyarakat. Kemudian liberasi saat capaian-capaian sekolah Muhammadiyah dan perguruan tinggi yang banyak berdiri perguruan tinggi Muhammadiyah baik di tanah air maupun di luar negri. Kemudian transendensi ber amar ma�ruf nahi munkar dan berpegang pada Al-Quran dan As-Sunnah dari seluruh aktifitasnya dan konten lensamu merujuk pada Majelis Tarjih dan Tajdid. Nilai-nilai profetik ini juga selaras dengan salah satu isu strategis keumatan hasil Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Surakarta yaitu membangun kesalehan digital. Kedua, cara berkomunikasi profetik PP Muhammadiyah di media sosial berupaya mengemas berita atau konten itu lebih fresh, akurat dan tidak selalu guyon sehingga saat berkomunikasi itu semua kalangan dapat mengerti dan paham apa yang kemudian lensamu sajikan di media sosial. Selain paham sebuah pesan yang sampaikan juga mempunyai sebuah tujuan untuk itu komunikasi profetik hadir menjadi sebuah jalan digital sehingga tujuan itu harus kita kampanyekan di ruang-ruang digital yang berisi Islam Rahmatan Lil �Alamin. Ketiga, kendala dan solusi yang dialami yaitu berkaitan dengan mempersamakan persepsi dengan ayahanda PP Muhammadiyah mengenai konten atau isi media sosial dan berkaitan dengan feedback dari para netizen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Communication, Prophetic, Muhammadiyah, Instagram, Prophetic Communication
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 03 Oct 2023 09:26
Last Modified: 03 Oct 2023 09:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41632

Actions (login required)

View Item
View Item