NURUL JIDAN ISMAIL (2023) KOMUNIKASI PROFETIK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM@LENSAMU PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (660kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (66kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
Bab I.pdf
Download (339kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (589kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (749kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai komunikasi profetik, model komunikasi profetik di Media Sosial PP Muhammadiyah, kemudian untuk mengetahui kendala dan solusi pada penerapan komunikasi profetik PP Muhammadiyah di media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif melalui metode wawancara secara mendalam, teknik observasi dan dokumentasi dengan subjek penelitian yang memenuhi kriteria yaitu sebagai pengelola akun instagram @lensamu, koordinator media sosial PP Muhammadiyah, dan koordinator redaksi & website PP Muhammadiyah. Dengan teknik analisis berupa pengumpulan data, pengelolaan data dan penyajian data serta triangulasi data sehingga diperoleh kesimpulan penelitian. Berdasarkan tujuan penelitian ini, tentunya memiliki manfaat yaitu, memberikan sumbangan pemikiran serta sumbangan ilmiah dalam ilmu komunikasi profetik, yaitu terkait bermedia sosial dan sebagai pijakan serta refrensi untuk penelitian-penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan komunikasi profetik. Temuan pada penelitian ini adalah yang pertama, dalam upaya berkomunikasi PP Muhammadiyah di instagram lensamu mengandung nilai-nilai profetik. Nilai-nilai profetik juga menjadi pilar konten di instagram lensamu baik di humanisasi saat penyampaian berita-berita kemanusiaan contohnya di Majelis Pembinaan Kesehatan Umum, Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial, dan Majelis pemberdayaan Masyarakat. Kemudian liberasi saat capaian-capaian sekolah Muhammadiyah dan perguruan tinggi yang banyak berdiri perguruan tinggi Muhammadiyah baik di tanah air maupun di luar negri. Kemudian transendensi ber amar ma�ruf nahi munkar dan berpegang pada Al-Quran dan As-Sunnah dari seluruh aktifitasnya dan konten lensamu merujuk pada Majelis Tarjih dan Tajdid. Nilai-nilai profetik ini juga selaras dengan salah satu isu strategis keumatan hasil Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Surakarta yaitu membangun kesalehan digital. Kedua, cara berkomunikasi profetik PP Muhammadiyah di media sosial berupaya mengemas berita atau konten itu lebih fresh, akurat dan tidak selalu guyon sehingga saat berkomunikasi itu semua kalangan dapat mengerti dan paham apa yang kemudian lensamu sajikan di media sosial. Selain paham sebuah pesan yang sampaikan juga mempunyai sebuah tujuan untuk itu komunikasi profetik hadir menjadi sebuah jalan digital sehingga tujuan itu harus kita kampanyekan di ruang-ruang digital yang berisi Islam Rahmatan Lil �Alamin. Ketiga, kendala dan solusi yang dialami yaitu berkaitan dengan mempersamakan persepsi dengan ayahanda PP Muhammadiyah mengenai konten atau isi media sosial dan berkaitan dengan feedback dari para netizen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Communication, Prophetic, Muhammadiyah, Instagram, Prophetic Communication |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 09:26 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 09:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41632 |