MAOLAN ILHAMUL HAMDI (2023) PERBEDAAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR (STUDI PADA SANTRI KELAS TAHFIDZ DAN NON TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN ASY-SYIFA MUHAMMADIYAH BANTUL). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (412kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Bab I.pdf
Download (202kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (366kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (64kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (495kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (387kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi regulasi diri dalam belajar pada santri kelas tahfidz dan non tahfidz di pondok pesantren Asy-Syifa Muhammadiyah Bantul, sekaligus ada tidaknya perbedaan regulasi belajar antara keduanya. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer menggunakan angket atau kuisioner sedangkan data pendukung menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS Statistic 29.0.1.0, yaitu diawali dengan uji normalitas data dan selanjutnya dialkukan uji-T Independent untuk melakukan komparasi pada kedua data. Hasil akhir dari penelitian ini adalah, baik santri kelas tahfidz maupun non tahfidz mayoritas memiliki regulasi diri yang tinggi. Pada santri kelas tahfidz, 17 santri memiliki regulasi diri yang tinggi, sementara tiga santri memiliki regulasi diri yang sedang. Sedangkan pada santri non tahfidz, 12 santri berada pada regulasi diri yang tinggi, enam santri berada pada regulasi diri yang sedang, satu santri memiliki regulasi diri yang sangat tinggi dan satu santri memiliki regulasi diri yang rendah. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada regulasi diri dalam belajar antara santri tahfidz dan non tahfidz. Hal tersebut disebabkan karena pada dasarnya lingkungan yang mereka tinggali adalah lingkungan yang sama, dengan berbagi peraturan yang sama, pengajar yang sama dan jadwal yang sama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Regulation, Students, Learning |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 09:13 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 09:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41677 |