PERBEDAAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR (STUDI PADA SANTRI KELAS TAHFIDZ DAN NON TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN ASY-SYIFA MUHAMMADIYAH BANTUL)

MAOLAN ILHAMUL HAMDI (2023) PERBEDAAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR (STUDI PADA SANTRI KELAS TAHFIDZ DAN NON TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN ASY-SYIFA MUHAMMADIYAH BANTUL). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi regulasi diri dalam belajar pada santri kelas tahfidz dan non tahfidz di pondok pesantren Asy-Syifa Muhammadiyah Bantul, sekaligus ada tidaknya perbedaan regulasi belajar antara keduanya. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer menggunakan angket atau kuisioner sedangkan data pendukung menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS Statistic 29.0.1.0, yaitu diawali dengan uji normalitas data dan selanjutnya dialkukan uji-T Independent untuk melakukan komparasi pada kedua data. Hasil akhir dari penelitian ini adalah, baik santri kelas tahfidz maupun non tahfidz mayoritas memiliki regulasi diri yang tinggi. Pada santri kelas tahfidz, 17 santri memiliki regulasi diri yang tinggi, sementara tiga santri memiliki regulasi diri yang sedang. Sedangkan pada santri non tahfidz, 12 santri berada pada regulasi diri yang tinggi, enam santri berada pada regulasi diri yang sedang, satu santri memiliki regulasi diri yang sangat tinggi dan satu santri memiliki regulasi diri yang rendah. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada regulasi diri dalam belajar antara santri tahfidz dan non tahfidz. Hal tersebut disebabkan karena pada dasarnya lingkungan yang mereka tinggali adalah lingkungan yang sama, dengan berbagi peraturan yang sama, pengajar yang sama dan jadwal yang sama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Regulation, Students, Learning
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 03 Oct 2023 09:13
Last Modified: 03 Oct 2023 09:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41677

Actions (login required)

View Item
View Item