NABIL FIRMANSYAH (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMK TAMANSISWA BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (594kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (31kB)
Bab I.pdf
Download (284kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (451kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (412kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (711kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (411kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (539kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Implementasi penggunaan metode pembelajaran problem solving untuk meningkatkan religiusitas siswa, (2) Mengidentifikasi pengembangan religiusitas siswa dengan menggunakan metode problem solving sebagai metode yang digunakan oleh guru pada kelas XII TKJ 1 SMK Tamansiswa Banjarnegara. Jenis penggunaan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 guru PAI dan 3 siswa selama proses pembelajaran. Objek penelitian ini adalah metode problem solving pada pembelajaran PAI di kelas XII TKJ 1 SMK Tamansiswa Banjarnegara. Informasi diperoleh melalui dokumentasi berupa gambar saat wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi berupa kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data dengan adanya tahapan pada reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan keabsahan data diperoleh dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data mendapati kesimpulan bahwa pada penggunaan metode problem solving dalam pengembangan religiusitas siswa kelas XII TKJ 1 SMK Tamansiswa Banjarnegara Tahun 2021 sebagai berikut: Pada aspek religiusitas maka disimpulkan Aspek religius yaitu dengan adanya (1)Dimensi Ideologis,(2)Dimensi Ritualistik,(3)Dimensi intelektual, (4)Dimensi Ekperensial, dan (5)Dimensi Konsekuensial.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving Learning, Implementation, Religiousnes |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 08:44 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 08:44 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41697 |