IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMK TAMANSISWA BANJARNEGARA

NABIL FIRMANSYAH (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMK TAMANSISWA BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Implementasi penggunaan metode pembelajaran problem solving untuk meningkatkan religiusitas siswa, (2) Mengidentifikasi pengembangan religiusitas siswa dengan menggunakan metode problem solving  sebagai metode yang digunakan oleh guru pada kelas XII TKJ 1 SMK Tamansiswa Banjarnegara. Jenis penggunaan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 guru PAI dan 3 siswa selama proses pembelajaran. Objek penelitian ini adalah metode problem solving pada pembelajaran PAI di kelas XII TKJ 1 SMK Tamansiswa Banjarnegara. Informasi diperoleh melalui dokumentasi berupa gambar saat wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi berupa kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data dengan adanya tahapan pada reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan keabsahan data diperoleh dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data mendapati kesimpulan bahwa pada penggunaan metode problem solving dalam pengembangan religiusitas siswa kelas XII TKJ 1 SMK Tamansiswa Banjarnegara Tahun 2021 sebagai berikut: Pada aspek religiusitas maka disimpulkan Aspek religius yaitu dengan adanya (1)Dimensi Ideologis,(2)Dimensi Ritualistik,(3)Dimensi intelektual, (4)Dimensi Ekperensial, dan (5)Dimensi Konsekuensial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving Learning, Implementation, Religiousnes
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:44
Last Modified: 03 Oct 2023 08:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41697

Actions (login required)

View Item
View Item