RAUDHATUL KARIMAH (2023) ANALISIS BUKU BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (355kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (314kB)
Bab I.pdf
Download (255kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (462kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Buku pelajaran merupakan salah satu komponen keberhasilan pembelajaran. Pemilihan buku pelajaran perlu memperhatikan aspek-aspek standar BSNP dan asas-asas penyusunan buku ajar menurut Dr. Abdullah al-Gali dan Dr. Abdul Hamid Abdullah. Dalam buku pelajaran kelas X SMA muhammadiyah terdapat kata dan kalimat yang tidak sesuai kaidah bahasa Arab, dan penggunaan ilustrasi yang beragam.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku pelajaran berdasarkan standar BSNP dan kesesuaian dengan asas-asas penyusunan buku ajar menurut Dr. Abdullah al-Gali dan Dr. Abdul Hamid Abdullah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskripsi, studi pustaka, dan analisis data. Sumber data yang digunakan ialah buku pelajaran bahasa Arab kelas X SMA Muhammadiyah dan data sekunder diambil dari beberapa dokumen yang berkaitan.Hasil dari penelitian ini adalah terdapat kesesuaian dalam buku pelajaran bahasa Arab kelas X SMA Muhammadiyah dengan standar BSNP dan asas penyusunan buku ajar menurut Dr. Abdullah al-Gali dan Dr. Abdul Hamid Abdullah. Yakni kesesuaian aspek kelayakan bahasa, kelayakan grafik, kelayakan isi dan kelayakan penyajian serta asas sosial-budaya dan asas psikologi.Namun dalam buku tersebut masih terdapat kata dan kalimat serta penggunaan tanda baca yang kurang sesuai dengan kaidah bahasa Arab, serta penggunaan ilustrasi yang berbeda-beda tidak sesuai dengan standar BSNP.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Textbooks, BSNP Standars, Arabic Textbook preparation principles |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 07:06 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 07:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41747 |