HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PASCA PANDEMI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

FITRI HIDAYATI (2023) HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PASCA PANDEMI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu self-regulated learning pada mahasiswa, mencari tahu prokrastinasi akademik pada mahasiswa, membuktikan hubungan self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pasca pandemi pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian sebanyak 524 mahasiswa, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 120 mahasiswa dengan teknik simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. teknik pengolahan data dilakukan dengan cara uji validitas dan reliabiltas data. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik, uji normalitas, dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tingkat self-regulated learning mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 55%. Adapun prokrastinasi akademik yang dimiliki mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 48%. Hasil uji korelasi product moment yang dilakukan didapat hasil pada taraf signifikansi 0.000 dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0.738. dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara  self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik. Artinya semakin tinggi self-regulated learning mahasiswa, maka tingkat prokrastinasinya semakin rendah, begitu juga sebaliknya semakin rendah self-regulated learning mahasiswa, maka tingkat prokrastinasinya semakin tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Relationship, Self-Regulated Learning, Academic Procrastination
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:04
Last Modified: 03 Oct 2023 07:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41751

Actions (login required)

View Item
View Item