Dina Khairun Nisa (2021) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (908kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (354kB)
Bab I.pdf
Download (336kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (488kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (557kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (347kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (342kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah dalam menerapkan media pembelajaran Sparkol Videoscribe dan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA Muhammadiyah Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pada penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok belajar, yaitu kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 1 dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIPA 2. Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan media pembelajaran Sparkol Videoscribe, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran menggunakan media video power point. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Sparkol Videoscribe berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA Muhammadiyah Bantul Tahun Ajaran 2020/2021 dengan rata-rata nilai sebelum perlakuan yaitu 65,75 dan nilai rata-rata setelah perlakuan yaitu 79,75. Kemudian media pembelajaran Sparkol Videoscribe diterapkan pada kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 1 dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat yaitu 79,75 sedangkan pada kelas kontrol yaitu kelas XI MIPA 2 yang tidak menerapkan media pembelajaran Sparkol Videoscribe dengan nilai rata-rata hasil belajar yaitu 58,33. Penerapan media pembelajaran Sparkol Videoscribe terhadap hasil belajar siswa mempunyai kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji paried sampel t-test yang jauh dari taraf signifikan yaitu 0,05. Hasil ini menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Hasil uji independent sampel t-test menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0, 004. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran Sparkol Videoscribe dalam meningkatkan hasil belajar siswa kela XI MIPA 1 dan 2 SMA Muhammadiyah Bantul.
Kata kunci: bahasa Arab, penerapan media pembelajaran Sparkol Videoscribe
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 06:46 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 06:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4176 |