Dessy Pratiwi Anggraeni (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK MISTIS UNTUK MENGASAH RETRIEVAL KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII A SMP 6 MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (983kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (539kB)
Bab I.pdf
Download (946kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (848kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (946kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (397kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (436kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (973kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
<p>Pengembangan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan retrieval kognitif siswa dan membantu guru dalam menyediakan media sederhana terhadap pembelajaran bahasa arab pada materi kelas XII semester genap. Pengembangan penelitian dilakukan supaya dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi guru dalam ketersediaan media dan peserta didik yang merasa kesulitan mengingat materi kosakata, rumus kaidah dalam pelajaran bahasa arab yang telah lalu. Penelitian ini menggunakan penelitian mixed method. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 6 validator. Penelitian pengembangan ini menggunakan jenis penelitian pengembangan <em>Research dan Development</em> (<em>R&d)</em>, yang mengadapatasi dari model <em>Borg & Gall</em> Adapun data dikumpulkan dalam bentuk 2 kuesioner yaitu kuesioner ahli media dan ahli materi, untuk teknik analisis data dengan menagmbil statistik deskriptif menggunakan analisis formula aiken indeks V dan diolah dengan menggunakan bantuan perangkat lunak Microsoft excel. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa, (1) pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis permainan pada mata pelajaran Bahasa arab, (2) media pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan dengan taraf 0,83 pada validasi isi dinyatakan materi sesuai tuntutan kurikulum dan taraf 0,83 dinyatakan media sangat menarik dan layak untuk lanjut pada tahap selanjutnya.</p>
<p><strong>Kata kunci :</strong> Pengembangan media pembelajaran, media berbasis permainan, kelayakan media.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 06:46 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 06:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4177 |