FATHINAH HANUN (2023) PENGARUH INTENSITAS MEMBACA DAN MENDENGARKAN AL-QUR'AN TERHADAP PENURUNAN ACADEMIC ANXIETY PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (797kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
Bab I.pdf
Download (238kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (515kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (427kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (693kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kecemasan akademik merupakan salah satu masalah kesehatan mental dalam ilmu psikologi manusia yang kini cukup menjadi perhatian berbagai pihak khususnya yang berkaitan dengan bidang pendidikan. Kecemasan akademik ini banyak ditemui pada peserta didik mulai dari sekolah dasar sampai dengan mahasiswa, dimana timbulnya kecemasan tersebut dipicu oleh beberapa faktor yaitu keluarga, lingkungan, kemampuan mengontrol diri seseorang dan lainnya. Sehubungan dengan masalah ini, dalam agama Islam al-Qur�an merupakan kitab suci dan pedoman umat yang juga memberikan manfaat berupa menenangkan pikiran manusia baik dengan membaca atau mendengarkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari intensitas mahasiswa dalam membaca dan mendengarkan al-Qur�an terhadap kecemasan akademik yang dialami oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebar angket skala likert 5 kategori yang diberikan kepada mahasiswa. Teknik analisis data yang dipakai ialah regresi linier berganda melihat dari jumlah variabel independen yang lebih dari satu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas membaca al-Qur�an dan mendengarkan al-Quran memberikan pengaruh yang signifikan dalam menurunkan kecemasan akademik mahasiswa diketahui dengan semakin tinggi intensitas membaca dan mendengarkan al-Qur�an maka semakin berkurang adanya indikasi kecemasan akademik seperti perilaku prokrastinasi, kesulitan untuk fokus dalam belajar, dan juga reaksi fisik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Reading Intensity, Listening Intensity, Academic Anxiety. |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 06:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 06:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41778 |