METODE KONSTRUKTIVISTIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF: IMAM AL GHAZALI

MUHAMMAD NIZAMUDIN FAKHRUL MULK (2023) METODE KONSTRUKTIVISTIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF: IMAM AL GHAZALI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa dalam menyampaikan pendidikan Islam memiliki berbagai macam metode yang dilakukan dengan pengajaran dan pembelajaran, salah satunya adalah metode konstruktivistik yang menekankan bahwa pengetahuan yang ada merupakan hasil dari konstruksi diri sendiri, serta perspektif Imam Al-Ghaz?li dalam menjelaskan metode konstruktivistik dalam pendidikan Islam serta konteksktuakisasi pada era sekarang di dalam kitabnya Ayyuha Al-Walad secara jelas.Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan penelitian pustaka (library reseach), yaitu menelusuri dan mengkaji data-data yang berhubungan dengan masalah penelitian dari literatur atau pustaka, misalnya kitab-kitab, buku-buku, jurnal, skripsi, makalah, artikel, dan website yang terpercaya dan kredibel.Hasilnya bahwa dengan mempelejari metode konstruktivistik dalam pendidikan Islam akan mendorong siswa untuk suka membaca karena penasaran dengan apa yang berlanjut akan dikerjakan selanjutnya serta akan lebih menghargai proses belajar, meningkatkan minat bakat untuk belajar, meningkatkan pemahaman terhadap pembelajaran agama, meningkatkan kesadaran dalam menjalankan ajaran agama Islam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Method, Constructivism, Islamic Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:51
Last Modified: 27 Sep 2023 03:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41994

Actions (login required)

View Item
View Item