Efektivitas Model Active Learning Media Permainan Monopoli Dalam Upaya Memperkuat Hafalan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP MUHAMMADIYAH I Gamping Tahun Ajaran 2019-2020

Zhafarina Maharani Idzni (2020) Efektivitas Model Active Learning Media Permainan Monopoli Dalam Upaya Memperkuat Hafalan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP MUHAMMADIYAH I Gamping Tahun Ajaran 2019-2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (783kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan permainan Monopoli dalam upaya memperkuat hafalan kosakata Bahasa Arab dan Untuk mengetahui perbedaan penguasaan kosakata siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, penelitian eksperimen ini dirancang dengan desain dua kelompok atau kelas yang dipilih tidak secara random menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, test, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media permainan monopoli dapat merangsang peserta didik untuk bisa lebih aktif, termotivasi, tertarik, mudah dalam menghafal kosakata, dan tertantang untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran bahasa arab yang ada di SMP Muhammadiyah I Gamping, Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data yang diperoleh dari rata-rata kelas kontrol untuk pre-test 79.79 dan post-test 90.63. selanjutnya rata-rata kelas eksperimen untuk pre-test 71.60 dan post-test 94.17. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Active Learning Media Permainan Monopoli dapat merangsang peserta didik untuk bisa lebih aktif , tertarik, dan tertantang untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran bahasa arab dalam upaya memperkuat hafalan kosakata bahasa arab pada kelas VII SMP Muhammadiyah I Gamping Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:37
Last Modified: 22 Oct 2021 07:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item
View Item