RIZKY PERMADI (2023) PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI TOTAL MUSIK BAND. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (247kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
Bab I.pdf
Download (81kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (71kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (408kB)
Abstract
Perkembangan komunikasi kini tidak hanya dilakukan secara konvensional, melainkan memanfaatkan internet sebagai media komunikasi yang lebih modern. Salah satu komunikasi modern adalah menggunakan media sosial. Media sosial Instagram adalah platform yang paling banyak digunakan yang lebih menekankan pada aspek visual seperti berbagi foto dan video. Sebagai media komunikasi, Instagram juga memberikan manfaat lain yaitu sebagai sarana promosi. Dengan jangkauan audiens yang luas dan tidak terbatas, Instagram digunakan sebagai platform penyedia produk atau layanan untuk berinteraksi dengan calon pelanggan. Salah satu penyedia layanan yang memanfaatkan Instagram sebagai media promosi adalah Total Musik Band. Total Musik adalah band asal Kabupaten Pringsewu, Lampung yang bergenre koplo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Instagram sebagai sarana promosi Total Musik Band. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Pemilik Total Musik mendapatkan berbagai dampak positif diantaranya lebih dikenal oleh masyarakat Kabupaten Pringsewu, tidak hanya itu Total Musik juga mendapatkan berbagai tawaran dari luar kabupaten Pringsewu seperti di Kalianda daerah (Lampung Selatan), Metro, dll. Totak Musik juga konsisten mengunggah pamflet dengan tema seperti "Morning Ambyar", "Novembergoyang", "Desemberdendang" dll, sehingga memberikan kesan visual dan persuasif kepada pemirsa, informasi juga lebih mudah untuk mengerti. Total Musik kini juga memiliki penonton setia, hal ini terlihat dari keaktifan penonton yang datang langsung saat Total Musik tampil, dimana penonton membuat story instagram dan kemudian menandai akun Instagram Total Musik. Sebagai bentuk apresiasi, admin Total Musik akan mem-posting ulang semua story yang di-tag oleh penonton.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media, Instagram, Promotion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 04:23 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 04:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42013 |