HASNA ARSITA KHOIRUNNISA (2023) STRATEGI DIGITAL CAMPAIGN MUHAMMADIYAH MELALUI TWITTER DALAM MENYEBARKAN NILAI ISLAM BERKEMAJUAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (553kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (115kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Bab I.pdf
Download (460kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Teknologi semakin canggih membawa dampak perubahan yang lebih esensial dalam dunia digital, Instrumen penting yang menjadi sebuah alat untuk mengakses segala bentuk informasi dan pesan dalam jejaring digital ialah �media sosial�. Melalui media sosial Twitter Muhammadiyah melakukan Kampanye Digital salah satu upaya penyebaran dakwah. Hal tersebut menjadi peluang bagi Muhammadiyah dalam membangun citra dan penyebaran nilai �Islam Berkemajuan� yang mudah di konstruksikan panggung digital yang di bangun melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi dari Kampanye Digital Muhammadiyah dalam menyebarkan nilai Islam Berkemajuan, dengan pengambilan data pada periodesasi 2020-2022 Penggunaan teori dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi 3 yaitu, Kampanye Digital, Strategi Kampanye Digital, dan Media Sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data Wawancara dan Triangulasi data, sehingga wawancara dilakukan dengan Kepala Kantor Pusat Syiar Dakwah Muhammadiyah dan wawancara dengan narasumber yang berkaitan. Penelitian ini dilakukan di Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Jln. Cik Di Tiro, Kota Yogyakarta. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwasanya strategi dan taktik yang digunakan Muhammadiyah ini dengan jelas menggunakan konsep mengenai rancangan dan pelaksanaan strategi kampanye memiliki rancangan tujuan dan nilai yang relevan, strategi dan taktik untuk membangun narasi pesan dilakukan dengan pengemasan konten yang menarik, campaign dilakukan secara efektif dan realistis, pembentukan stakeholders hingga evaluasi dilakukan secara terstruktur hingga mencapai tujuan dengan menjangkau audiens twitter yang lebih luas dan membentuk kesadaran dan pemahaman yang lebih dalam mengenai agama islam dikalangan audiens twitter.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategy, Digital Campaign, Twitter, Muhammadiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 04:04 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 04:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42039 |