REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN YOUTUBE BLIBLI "BE THE ORIGINAL YOU"

DHIYAH SYAFITRI NURLIA (2023) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN YOUTUBE BLIBLI "BE THE ORIGINAL YOU". S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perempuan yang memiliki daya tarik tersendiri dan kecantikan merupakan senjata yang sering di pakai iklan untuk menarik perhatian khalayak. Pada iklan ini perempuan di tampilkan dengan secara bebas memperlihatkan identitas diri mereka yang penuh dengan kepercayaan diri, sukses, mempunyai kebebasan untuk mengekspresikan dirinya, dan terlihat seperti tidak memperdulikan stigma yang melekat pada perempuan, namun dalam prosesnya blibli memperlihatkan sosok perempuan tersebut seakan- akan membutuhkan sesuatu untuk dapat memiliki kekuatan tersebut yaitu, pakaian. Penelitian ini menggunakan metode semiotika Roland Barthes yang menguraikan mitos � mitos yang terdapat dalam setiap scene dan narasi dalam iklan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam iklan ini Blibli ingin menunjukan citra perempuan moderen yang sukses namun dalam prosesnya tetap menunjukan perempuan yang  masih bergantung kepada pakaian untuk dapat menunjukan citra tersebut, perempuan juga harus mengkonsumsi barang untuk dapat memperlihatkan identitas diri mereka melalui cara mereka berpakaian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Representation in advertising, Women, Postfeminism, SemioticAnalysis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:56
Last Modified: 26 Sep 2023 03:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42041

Actions (login required)

View Item
View Item