STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITALPOTENSI PARIWISATA PROVINSI JAWA TENGAH SEMASA PANDEMI COVID 19 TAHUN 2021

PRATAMA WIDYASMARA ARYANDI (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITALPOTENSI PARIWISATA PROVINSI JAWA TENGAH SEMASA PANDEMI COVID 19 TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di era globalisasi, industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang berpengaruh besar atas meningkatnya ekonomi di suatu wilayah atau negara. Di masa pandemi Covid 19, kondisi sektor pariwisata di Jawa Tengah semakin terpuruk. Upaya promosi melalui konten media digital tetap penting untuk dijalankan sebagai bentuk investasi informasi. Pemanfaatan pemasaran digital, termasuk platform media sosial, menjadi pendekatan utama dalam menjaga eksistensi industri pariwisata di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses dari Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah terhadap potensi pariwisata Jawa Tengah semasa pandemi Covid 19. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berasal dari hasil wawancara, observasi, dan pengumpulan informasi dari media digital Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Strategi Pemasaran yang dilakukan adalah Komponen Strategi Komunikasi meliputi Strategi Pesan yang dimana Dalam penyampaian pesan promosi, Disporapar Jawa Tengah melakukan pendekatan yang berfokus dengan aspek informatif dengan penekanan wisata aman dengan penekanan wisata yang memperhatikan protokol Kesehatan dan Strategi Media dengan pemilihan media oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah adalah Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, dan Website. Klasifikasi Komponen Pariwisata meliputi destinasi wisata, transportasi, pemasaran pariwisata dan sumber daya. Manajemen Komunikasi Pariwisata guna menciptakan efisiensi, efektivitas dan tujuan yang telah di tetapkan. Penggunaan Media Digital dengan strategi menggunakan Software Analitik, SEM, Online PR, Interactive Advertising dan Viral Marketing untuk lebih mudah menjangkau aktivitas promosi destinasi tempat wisata dalam menjangkau target audiens. Berdasarkan data penelitian, didapatkan hasil bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah membantu menghidupkan kembali industri pariwisata dengan pemilihan segmen pasar wisatawan nusantara melalui unggahan konten yang dibuat melalui media digital.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing Communication Strategy, Central Java Youth, Sports and Tourism Office, Digital Media, Covid 19
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:56
Last Modified: 26 Sep 2023 03:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42042

Actions (login required)

View Item
View Item