MARKETING COMMUNICATION STRATEGY OF INDIE MUSIC GROUP THE DARE THROUGH INSTAGRAM IN ATTRACTING AUDIENCES FOR THE JAVAKENSI TOUR 2022

MUHAMMAD HUMAM YASSAR AL WAFI (2023) MARKETING COMMUNICATION STRATEGY OF INDIE MUSIC GROUP THE DARE THROUGH INSTAGRAM IN ATTRACTING AUDIENCES FOR THE JAVAKENSI TOUR 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Instagram telah menjadi media sosial yang cukup banyak digunakan oleh banyak orang, menciptakan gaya baru dalam menggunakan Instagram yang awalnya hanya menjadi platform jejaring sosial menjadi media untuk memasarkan usaha bisnis dan jasa. Grup musik Dare dalam melakukan tur keliling pulau Jawa melakukan strategi komunikasi melalui Instagram untuk menarik minat para penggemar untuk datang dalam tur mereka yang bernama Javakensi Tour 2022. Yang akan menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran grup musik The Dare melalui Instagram dalam menarik minat penonton Javakensi Tour 2022. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan ketiga narasumber dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini akan melalui tiga tahap, yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah grup musik The Dare melakukan komunikasi pemasaran melalui Instagram dengan tahapan mempersiapkan pembentukan pesan yang akan disampaikan kemudian menentukan konsep yang dilanjutkan dengan pemilihan Instagram sebagai media. Setelah mendapatkan data-data tersebut maka dibuatlah rencana konten dan penjadwalan konten yang akan diunggah, setelah mendapatkan informasi dan data-data yang dibutuhkan berupa lokasi pasti tempat dilaksanakannya Javakensi Tour, serta hari dan tanggal yang sudah ditetapkan dan juga tema dan pesan utama yang akan dibawa oleh grup musik The Dare selama tour berlangsung. Kemudian pemasaran di Instagram dilakukan dengan mengikuti jadwal dan prioritas konten yang sudah ditentukan dengan memanfaatkan fitur-fitur dari Instagram seperti penggunaan Hashtag (#JavakensiTour2022), serta memanfaatkan fitur Reels, dan penulisan caption dan story di Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing Communication, Communication Strategy, Music Group, Instagram
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:12
Last Modified: 03 Nov 2023 07:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42306

Actions (login required)

View Item
View Item