PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIS PEMBUATAN KONTEN INTERAKTIF UNTUK E-LEARNING MENGGUNAKAN H5P

VIVIAN SULISTYO (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIS PEMBUATAN KONTEN INTERAKTIF UNTUK E-LEARNING MENGGUNAKAN H5P. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Transformasi pendidikan oleh teknologi informasi dan komunikasi telah menghasilkan E-Learning, yang menawarkan kemudahan dan fleksibilitas dalam proses pembelajaran, terutama dalam situasi pembelajaran jarak jauh. Namun, tantangan dalam menciptakan konten pembelajaran yang menarik dan efektif masih ada. Konten statis sering kurang efektif dalam mempertahankan minat peserta didik, sementara konten interaktif memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik. Namun, para pengajar sering menghadapi kendala dalam menciptakan konten interaktif, karena kurangnya pemahaman tentang konsep, teknologi, dan langkah-langkah praktis dalam pembuatan konten tersebut. Maka dari itu dibuat penelitian tentang "Pengembangan Panduan Praktis Pembuatan Konten Interaktif untuk E-Learning Menggunakan H5P" menggunakan metode ADDIE dan olah data secara kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan panduan praktis pembuatan konten interaktif menggunakan H5P untuk E-Learning. Panduan ini dirancang untuk memberikan langkah-langkah yang jelas dan praktis dalam pembuatan konten interaktif yang berkualitas. Dengan telah dibuatnya pengembangan panduan ini, pengajar E-Learning akan lebih mampu menciptakan materi yang menarik dan efektif, meningkatkan interaktivitas peserta didik, dan secara keseluruhan meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi. Adapun pengguna panduan ini adalah mahasiwa dan dosen Prodi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Learning, H5P, Interactive Content, Guidebook, ADDIE, Quantitative Data
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:20
Last Modified: 17 Nov 2023 07:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42320

Actions (login required)

View Item
View Item